Kompas.com - 27/11/2014, 13:29 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Bob Bao, Managing Director Baidu Indonesia, memaparkan hasil riset Baidu terhadap pengguna mobile internet di Indonesia.

Salah satu temuan Baidu adalah masih banyaknya pengguna mobile internet di Indonesia yang menggunakan smartphone dengan kisaran harga di bawah Rp 3 juta.

"Jika dirata-rata, harga perangkat smartphone yang digunakan ada di angka Rp 2,148 juta," tutur Bob Bao dalam gelaran Startup Asia Jakarta 2014, Rabu (26/11/2014).

Namun, lanjutnya, riset itu menunjukkan 87,3 persen pengguna ingin mengganti smartphone-nya dengan ponsel Android yang lebih baik. Anggarannya? Rata-rata di Rp 2,907 juta.

Hal lain yang menurutnya cukup mengejutkan adalah bahwa pengguna internet lewat mobile justru banyak di rumah dengan angka 95 persen. Bandingkan dengan kantor (36 persen) atau perjalanan (27 persen).

"Sebelumnya, kami kira akses terbanyak dilakukan saat di perjalanan," tutur Bao.

Temuan lain yang menurutnya menarik adalah bahwa 40 persen pengguna hanya memakai 1-2 aplikasi.

"Kita sebagai startup, harusnya bisa mencari apa sebenarnya yang menarik bagi orang Indonesia. Data ini menunjukkan banyak developer belum cocok aplikasinya dengan pengguna," ia menjelaskan.

Lima jenis aplikasi yang sering digunakan, tutur Bao, adalah jejaring sosial (81 persen), browser (65 persen), game (35 persen), musik (32 persen) dan berita (17 persen).

Bao mengatakan startup harus banyak belajar soal perilaku konsumen di Indonesia. Selain itu, perlu juga membangun ekosistemnya.

Ia yakin, dengan populasi penduduk yang besar, Indonesia memiliki potensi besar sebagai pasar pengguna internet di masa depan. Industri digital pun diharapkannya bisa terus tumbuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.