Dari Bikin Pemutar DVD Jadi Raksasa Smartphone

Kompas.com - 02/12/2014, 17:37 WIB
Suasana peluncuran Oppo N3 di Singapura, Rabu (29/10/2014). (Taken with Oppo Find 7a) Wicak Hidayat/KompasTeknoSuasana peluncuran Oppo N3 di Singapura, Rabu (29/10/2014). (Taken with Oppo Find 7a)
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Kini, Oppo merupakan salah satu produsen smartphone yang terkenal di dunia. Namun mungkin ada yang tidak tahu bahwa awalnya Oppo bukan merupakan perusahaan yang memproduksi smartphone.

Awal mulanya Oppo dibentuk pada tahun 2004 dengan nama Oppo Electronics Corp. yang bermarkas di Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Masih di tahun yang sama Oppo Digital Inc. pun didirikan di California, Amerika Serikat.

Oppo Digital Inc. merupakan bagian independen dari Oppo, yang sekarang memproduksi alat pemutar DVD dan Blu-Ray. Pada tahun 2005, Oppo sukses dengan produk pemutar musik MP3 miliknya.

Barulah di tahun 2008, Oppo mulai merambah dunia perangkat ponsel. Produk ponsel Oppo yang saat itu sedang terkenal adalah Oppo A121. Ini merupakan feature phone dengan bentuk emoticon senyum pada bagian belakang ponsel tersebut.

Kemudian tahun 2009, Oppo meluncurkan ponsel musik yang menggunakan teknologi Real Player yaitu Oppo Real T9. Ponsel ini sudah menggunakan layar sentuh dan dapat memainkan musik maupun video dengan cukup baik. Penggunaan layar sentuh pada masa ini terbilang cukup modern.

Pada tahun 2010, Oppo telah memikirkan konsep dan mulai mengembangkan smartphone. Selain itu, perusahaan ini mulai mengembangkan tampilan antarmuka yang menarik. Masih di tahun yang sama Oppo pernah menggunakan boyband dari Korea, 2PM, untuk mempromosikan produknya di Thailand.

Selanjutnya di tahun 2011, Oppo telah mempunyai tiga keluarga ponsel andalan yaitu Real, Ulike, dan Find.  Kemudian Oppo pun mengeluarkan layanan penyimpanan awan agar mempermudah penggunanya dalam menyimpan data dari ponsel.

Hingga saat ini Oppo telah mengeluarkan berbagai smartphone yang mempunyai beragam desain casing, tampilan antarmuka, hingga spesifikasi hardware. Salah satu smartphone yang terkenal pada saat peluncurannya di Indonesia adalah Oppo Find 5.

Kini Oppo telah memproduksi beragam perangkat digital seperti pemutar musik MP3, LCD TV, ebook, pemutar DVD / Blu-Ray, hingga smartphone.

Baru-baru ini Oppo pun telah memperkenalkan dua smartphone terbarunya yaitu N3 dan R5. Untuk N3 memiliki fitur Auto Panorama dan R5 diklaim sebagai smartphone Oppo tertipis untuk saat ini.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X