Setelah 24 Tahun, Bos Internet Explorer Hengkang

Kompas.com - 19/12/2014, 15:10 WIB
Setelah 24 tahun mengabdi, bos Internet Explorer Dean Hachamovitch meninggalkan Microsoft pada akhir Desember 2014. GeekwireSetelah 24 tahun mengabdi, bos Internet Explorer Dean Hachamovitch meninggalkan Microsoft pada akhir Desember 2014.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Orang nomor satu di divisi Internet Explorer, Dean Hachamovitch telah meninggalkan Microsoft. Selama 24 tahun karirnya di raksasa piranti lunak itu, Hachamovitch telah berjasa melakukan pengembangan dan peremajaan pada peramban (browser) Internet Explorer.
 
“Saya terlambat untuk berubah. Perusahaan (Microsoft) sudah banyak berubah. Sekarang waktu yang tepat untuk (saya) mendapatkan perspektif berbeda soal teknologi juga kehidupan,” ujarnya dalam wawancara dengan Geekwire seperti dikutip KompasTekno, Jumat (19/12/2014).
 
Internet Explorer pernah mencapai kejayaannya pada 2002 dan 2003 silam. Namun, tahun-tahun setelahnya menjadi tahun yang suram. Kurangnya pengembangan aktif membuat Internet Explorer seolah momok bagi pengembang web dan menjadi target serangan cyber.

Sementara itu, jumlah penggunanya berangsur turun seiring kepopuleran Mozilla Firefox pada 2004, kemudian Google Chrome pada 2008.
 
“Saya ingin menyatakannya dengan jelas, kami telah salah langkah. Meski kami berkomitmen pada peramban, kami tidak bekerja dengan baik untuk mewujudkannya,” kata Hachamovitch dalam konferensi Microsoft 2006 silam.
 
Hachamovitch pertama kali bergabung dengan tim Internet Explorer  pada 2003 sebagai General Manager. Dia kemudian dipromosikan menjadi Corporate Vice President, hingga pada November 2013 lalu menempati peran baru sebagai Chief Data Scientist.

Sepanjang karirnya di Microsoft, Hachamovitz terlibat dalam penemuan teknologi AutoComplete, AutoCorrect, dan Progress Animation yang dipatenkan oleh raksasa piranti lunak itu.
 
Pria berkacamata itu menambah daftar petinggi-petinggi Windows yang hengkang dari Microsoft. Sebelumnya sudah ada Senior Vice President for Windows Development Jon DeVaan, Executive Vice President for Marketing Tami Reller, dan Antoine Leblond yang dikenal akan kepemimpinannya dalam tim Office and Windows.



Sumber GeekWire
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X