Google dan SpaceX Sebar Internet ke Mars

Kompas.com - 20/01/2015, 14:59 WIB
Elon Musk, CEO perusahaan transportasi luar angkasa SpaceX The VergeElon Musk, CEO perusahaan transportasi luar angkasa SpaceX
|
EditorEdi Taslim
KOMPAS.com - Ambisi Google untuk menyebarkan akses internet ke daerah-daerah yang belum terjamah bakal terealisasi. Tak hanya di Bumi, namun hingga ke Planet Mars.

Dilansir dari KompasTekno (20/1/2015) dari ReadWrite, raksasa teknologi tersebut merencanakan kerjasama dengan perusahaan transportasi luar angkasa, SpaceX, dalam mewujudkan visinya.

CEO SpaceX, Elon Musk mengatakan, perusahaannya akan membangun ribuan satelit internet luar angkasa untuk mengirim jaringan internet ke daerah-daerah yang belum terjangkau internet. Menurutnya, proyek ini memungkinkan koneksi internet yang jauh lebih cepat dan murah karena tidak terhalang kabel terestrial.

"Ini adalah pembangunan sistem komunikasi global terbesar yang pernah direncanakan sepanjang sejarah," kata Musk.

Lebih jauh, proyek ini juga memungkinkan koneksi internet hingga ke Mars. "Penting bagi Mars untuk turut memiliki jaringan komunikasi global," imbuh Musk. Perlu diketahui, badan antariksa AS, NASA memprediksikan Mars akan menjadi planet kehidupan manusia di masa depan.

Satelit-satelit yang dibangun SpaceX akan melayang pada orbit rendah, yakni 22.000 mil di atas bumi. Adapun unit-unit bawahannya hanya akan melayang pada ketinggian 750 mil di atas bumi.

Proyek ini, kata Musk, membutuhkan waktu lima tahun untuk pembangunannya. Dana yang dibutuhkan juga tak sedikit, mencapat 10 miliar dolar AS. Rencananya, Google akan menginvestasikan dana sebesar 1 miliar dolar AS.



Sumber Read Write
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X