YouTube yang Aman untuk Anak Debut di Android

Kompas.com - 21/02/2015, 15:45 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah Twitter meluncurkan layanan video pendek Vine khusus untuk anak-anak, YouTube sepertinya tak mau ketinggalan. Situs berbagi video tersebut akan merilis YouTube Kids, 23 Februari mendatang. YouTube Kids akan mengudara pertama kali dalam format aplikasi Android.

Dilansir KompasTekno, Jumat (20/2/2015) dari USAToday, YouTube Kids dibuat untuk memastikan anak-anak di bawah umur dapat mengakses video yang lebih "aman". Para orang tua barangkali bisa sedikit berlega dengan adanya YouTube Kids.

"Para orang tua seringkali bertanya pada kami, 'Bisakah kalian membuat YouTube sebagai tempat yang lebih baik untuk anak-anak kami?'", kata Shimrit Ben-Yair, manajer produk yang menggodok proyek YouTube Kids.

Ben-Yair optimis YouTube Kids akan diterima baik di pasaran. Pasalnya, ia mengklaim video YouTube yang sesuai untuk tontonan keluarga, dalam artian menjangkau semua umur, sebenarnya merupakan video yang paling sering diakses di YouTube.

"Selama bertahun-tahun. kami melihat 50 persen peningkatan view di YouTube. Untuk saluran hiburan keluarga, peningkatan bahkan mencapai 200 persen," Ben-Yair menjelaskan.

Penggodokan YouTube Kids, kata Ben-Yair, melibatkan penguji pihak ketiga dari organisasi yang mumpuni dalam menyeleksi tayangan yang dianggap "aman" bagi anak-anak.

Tak hanya itu, tampilan antarmuka YouTube Kids akan menyisipkan fitur "parent-controller" atau kontrol orang tua. Cara kerjanya seperti alarm. Jadi orang tua dapat menyetel jam-jam tertentu bagi sang anak untuk mengakses YouTube.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber USA Today


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.