YouTube yang Aman untuk Anak Debut di Android

Kompas.com - 21/02/2015, 15:45 WIB
USA Today
YouTube Kids akan dirilis 23 februari 2015
KOMPAS.com - Setelah Twitter meluncurkan layanan video pendek Vine khusus untuk anak-anak, YouTube sepertinya tak mau ketinggalan. Situs berbagi video tersebut akan merilis YouTube Kids, 23 Februari mendatang. YouTube Kids akan mengudara pertama kali dalam format aplikasi Android.

Dilansir KompasTekno, Jumat (20/2/2015) dari USAToday, YouTube Kids dibuat untuk memastikan anak-anak di bawah umur dapat mengakses video yang lebih "aman". Para orang tua barangkali bisa sedikit berlega dengan adanya YouTube Kids.

"Para orang tua seringkali bertanya pada kami, 'Bisakah kalian membuat YouTube sebagai tempat yang lebih baik untuk anak-anak kami?'", kata Shimrit Ben-Yair, manajer produk yang menggodok proyek YouTube Kids.

Ben-Yair optimis YouTube Kids akan diterima baik di pasaran. Pasalnya, ia mengklaim video YouTube yang sesuai untuk tontonan keluarga, dalam artian menjangkau semua umur, sebenarnya merupakan video yang paling sering diakses di YouTube.

"Selama bertahun-tahun. kami melihat 50 persen peningkatan view di YouTube. Untuk saluran hiburan keluarga, peningkatan bahkan mencapai 200 persen," Ben-Yair menjelaskan.

Penggodokan YouTube Kids, kata Ben-Yair, melibatkan penguji pihak ketiga dari organisasi yang mumpuni dalam menyeleksi tayangan yang dianggap "aman" bagi anak-anak.

Tak hanya itu, tampilan antarmuka YouTube Kids akan menyisipkan fitur "parent-controller" atau kontrol orang tua. Cara kerjanya seperti alarm. Jadi orang tua dapat menyetel jam-jam tertentu bagi sang anak untuk mengakses YouTube.



EditorReza Wahyudi
SumberUSA Today

Close Ads X