Kompas.com - 24/02/2015, 12:33 WIB
AMD oik yusuf/ kompas.comAMD
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Intel sedang mempersiapkan prosesor masa depan dengan sandi Skylake. Seolah tak mau kalah, sang rival di industri terkait, AMD, kabarnya juga tengah merancang produk yang akan berhadapan langsung dengan chip tersebut.

Kode nama sang penantang dari AMD ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Kitguru (24/2/2015), adalah Zen.

Saat sudah dilepas ke pasaran pada 2016 nanti, Zen disinyalir bakal menawarkan sebagian besar fitur yang dimiliki oleh Skylake, termasuk teknologi fabrikasi 14nm, delapan buah inti prosesor (core), dukungan memori DDR4, dan PCI Express 3.0.

Keterangan yang beredar menyebutkan bahwa Zen pada awalnya akan hadir dalam bentuk prosesor untuk server seperti seri prosesor Opteron saat ini.  

Kemudian, sebagaimana yang biasa dilakukan oleh AMD, keluarga prosesor Zen akan memiliki “turunan” berupa varian chip yang ditujukan untuk PC desktop dengan kode nama “Summit Ridge”.

Summit Ridge diprediksi bakal meluncur pada kuartal ketiga 2016, namun tanggal pastinya tak diketahui.

Selain segelintir informasi di atas, masih belum banyak hal yang diketahui mengenai Zen. Yang jelas, pihak AMD mengatakan bahwa Zen merupakan hasil rancangan chip yang sangat berbeda dari prosesor keluarga “buldozer” yang dipasarkan oleh AMD saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Kitguru
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.