Jam Tangan 4G Pertama Dunia Muncul di Barcelona

Kompas.com - 02/03/2015, 21:12 WIB
(atas) LG Urbanne LTE dan (bawah) Urbanne orisinil Cnet(atas) LG Urbanne LTE dan (bawah) Urbanne orisinil
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com -LG meluncurkan sederet gadget baru di ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona. Di antara deretan perangkat tersebut tersebut terdapat dua buah smartwatch, yaitu LG Urbane orisinil dan LTE.

Smartwatch tersebut, sebelumnya telah dirilis di Korea Selatan. LG membawanya ke ajang internasional bergengsi itu untuk memamerkannya kepada khalayak di seluruh dunia.

Smartwatch LG Urbane orisinil merupakan jam tangan pintar biasa yang mengadopsi Android Wear. Bentuknya bulat dengan akses balutan logam yang memberikan nuansa mewah.

Urbane orisinil ini memiliki dapur pacu berupa prosesor Qualcomm Snaopdragon 400 dan RAM 512 MB. Sedangkan kapasitas daya baterainya adalah 410 mAh.

Smartwatch kedua adalah Urbanne LTE. Bentuknya mirip dengan jam tangan pintar LG Urbanne orisinil. Perbedaan baru akan terlihat bila menilik pada segi fitur serta bermacam "jeroan" yang ditanam di tubuhnya.

Urbanne LTE, seperti dikutip KompasTekno dari Wired, Senin (2/3/2015), mengadopsi sistem operasi WebOS hasil pengembangan LG sendiri. Ini berbeda dengan Urbanne versi orisinil yang justru memanfaatkan Android Wear sebagai sistem operasinya.

Dari sisi piranti keras, LG menanamkan sebuah chipset Qualcomm Snapdragon 400 dengan RAM 1 GB pada smartwatch Urbanne LTE. Chipset ini juga memiliki memori internal seluas 4 GB untuk piranti penyimpanan data.

Baterai Li-Ion yang digunakan punya kapasitas daya 700 mAh yang dirancang untuk hidup selama lebih dari satu hari. Bandingkan dengan Urbanne orisinil, baterainya hanya memiliki kapasitas daya 410 mAh dengan kemampuan bertahan selama dua hari.

LG juga memberikan penambahan dari sisi fitur, antara lain dengan menyematkan microphone dan speaker. Kedua fitur tersebut membuat Urbanne LTE bisa dipakai untuk menelepon tanpa harus terhubung pada smartphone.

Kemudian ada juga konektifitas Near Field Communication (NFC) yang ke depannya dapat berguna untuk metode pembayaran mobile.

Rencananya, LG akan meluncurkan smartwatch Urbanne orisinil pada kuartal kedua tahun ini. Versi LTE kemungkinan akan meluncur di saat yang sama. Perusahaan elektronik Korea Selatan ini belum mengumumkan berapa harga banderol untuk kedua jam tangan pintar itu.



Sumber Wired
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X