Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Calendar Akhirnya Sambangi iPhone

Kompas.com - 11/03/2015, 16:52 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Google sempat menjanjikan aplikasi Calendar miliknya akan hadir untuk iPhone. Kini janji tersebut diwujudkan, untuk pertama kalinya pengguna iPhone bisa menggunakan Google Calendar langsung di smartphone-nya.

Selama ini, pengguna iPhone memang bisa menggunakan kalender bawaan iOS untuk menghubungkannya ke akun Google. Namun tidak ada aplikasi Google Calendar. Kehadiran aplikasi tersebut di iPhone mempermudah mereka yang sudah terbiasa menggunakan produk dan layanan Google.

Seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (11/3/2015), kehadiran Google Calendar di iPhone membawa suasana baru bagi pengguna smartphone itu.

Pengguna iPhone kini bisa langsung mengubah pesan dalam Gmail menjadi catatan kegiatan dalam aplikasi kalender tersebut. Jika ada e-mail masuk berisikan tanggal rencana rapat, misalnya, maka aplikasi akan otomatis memasukkannya dalam kalender.

Fitur utama desain ulang ini antara lain fitur events, assists dan schedule view mengubah undangan pada e-mail menjadi item untuk kalender.

Events, merupakan fitur yang digunakan untuk otomatis mengkonversi isi e-mail di akun Gmail menjadi item tertentu di kalender.

Fitur assists mirip dengan auto-fill untuk kalender, pengguna akan mendapatkan saran tentang tempat, kontak dan hal lainnya seiring mengetik agenda dalam aplikasi Calendar.

Terakhir, schedule view sebagai jalan pintas untuk menampilkan seluruh catatan yang ada di aplikasi tersebut. Schedule view ini memiliki tampilan berupa linimasa serta memanfaatkan prinsip Material Design untuk menampilkan sejumlah kartu.

Material Design adalah prinsip desain yang dikembangkan oleh Google dan diumumkan pada ajang Google I/O 2014 lalu. Desain tersebut banyak memanfaatkan animasi 3D, tansisi dan efek-efek yang memberi nuansa kedalaman, misalnya pencahayaan dan bayangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com