Kompas.com - 17/03/2015, 20:51 WIB
Laman program tukar tambah iPhone dari Apple AppleLaman program tukar tambah iPhone dari Apple
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Laman program tukar tambah iPhone dari Apple

KOMPAS.com - Pengguna Android yang ingin beralih membeli iPhone tapi tersandung kesulitan dana agaknya bakal memperoleh "bantuan" langsung dari Apple. Bentuknya adalah program tukar tambah ponsel lama dengan iPhone baru.

Selama ini program tersebut hanya berlaku buat iPhone bekas. Namun, informasi yang dihimpun Kompas Tekno dari ArsTechnica, Selasa (17/3/2015) menerangkan bahwa Apple berencana memperluas jenis ponsel yang bisa ditukar tambah agar turut mencakup smartphone Android.

Para pegawai Apple Store disebutkan sedang memperoleh pelatihan untuk membantu pengguna Android yang ingin mengganti ponselnya dengan iPhone. Program tukar tambah tersebut kabarnya bakal segera dimulai dalam waktu "beberapa minggu ke depan".

Perluasan program tukar tambah ini disinyalir merupakan upaya Apple menggoda para pengguna Android lebih jauh agar beralih meninggalkan platform besutan Google tersebut.

Apple sendiri telah menyediakan laman panduan khusus untuk pengguna Android yang ingin memindahkan data seperti daftar kontak ke iPhone baru.

Apple dan kubu Google yang beranggotakan para pabrikan ponsel Android memang dua seteru besar yang saling berupaya merebut basis pengguna dari yang lain. Akhir Januari lalu, misalnya, CEO Apple Tim Cook mengklaim bahwa iPhone 6 dan iPhone 6 Plus berhasil menarik sejumlah besar pengguna Android agar beralih.

Teapi jangan keburu senang dulu. Pasalnya, selain belum jelas betul apakah akan benar-benar berlaku untuk Android atau tidak, selama ini iPhone bekas yang disertakan dalam program tambah hanya diberi nilai rendah oleh Apple.

Sebagai contoh, sebuah iPhone 4S 32 GB dalam kondisi berfungsi dengan baik hanya dihargai 35 dollar AS atau tak lebih dari Rp 500.000.

Angka tersebut jauh lebih rendah ketimbang menjual perangkat yang bersangkutan di pasaran ponsel bekas. Ditambah lagi jenis ponsel yang diterima Apple untuk program tukar tambah relatif terbatas. Pabrikan ini tak menerima ponsel yang lebih tua dari iPhone 4 keluaran 2010.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.