Kompas.com - 24/03/2015, 14:44 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Operator seluler PT Smartfren Telecom dikabarkan turut menanam investasi melalui pendanaan seri C untuk perusahaan pembuat custom ROM Android, Cyanogen.

Ke depannya, sistem operasi berbasis Android kembangan Cyanogen, yaitu CyanogenMod akan digunakan dalam perangkat smartphone Andromax terbaru keluaran Smartfren.

Apa istimewanya sistem operasi CyanogenMod ini dibandingkan dengan Android "asli" keluaran Google?

Cyanogen mendapat popularitas di kalangan "pengoprek" Android dengan merilis sistem operasi yang dimodifikasi agar optimal di perangkat Android buatan vendor-vendor besar, seperti Samsung, HTC, LG, dan sebagainya. CyanogenMod dapat disematkan menggantikan Android bawaan dengan syarat perangkat sudah di-rooting.

Versi pertama dari CyanogenMod dirilis pada 2009 lalu yang berbasis OS Android 1.5 Cupcake.

Pada dasarnya, sistem operasi Android itu bersifat open source, dan siapa saja boleh mengutak-atiknya agar optimal, dan didistribusikan secara gratis.

Namun, vendor-vendor smartphone saat ini banyak yang menggunakan OS Android lisensi Google karena dinilai memiliki lingkungan yang komplit dengan aplikasi-aplikasinya. Terkadang, vendor-vendor itu juga menyertakan versi antarmuka mereka sendiri agar berbeda dengan perangkat Android lainnya.

Selain itu, aplikasi "titipan" vendor smartphone (bloatware) juga banyak disertakan dalam perangkatnya, sebagai contoh adalah Samsung yang memiliki banyak aplikasi bawaan hingga toko aplikasinya sendiri, Samsung App Store.

Nah, Cyanogen hadir dengan menawarkan alternatif Android yang lebih baik, lebih kencang, dan bisa diandalkan. Custom ROM tersebut dibuat untuk masing-masing jenis smartphone dengan menanggalkan bloatware, skin, dan aplikasi antarmuka yang sering disertakan.

Dengan optimalisasi tersebut, Cyanogen mengklaim CyanogenMod hasil oprekan mereka bisa meningkatkan performa smartphone secara keseluruhan, daya respon, serta memperpanjang umur baterai.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.