Kompas.com - 31/03/2015, 12:25 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sebuah perusahaan bernama Emvio membuat sebuah jam tangan pintar dengan fitur yang tampak berbeda dari biasanya. Produk yang juga hadir dengan nama Emvio ini nantinya bisa mendeteksi apakah penggunanya sedang dalam keadaan stres atau tidak.

Seperti KompasTekno kutip dari Ubergizmo, Selasa (30/3/2015), ini merupakan jam tangan pintar pertama di dunia dengan fitur tersebut.

Cara bekerja dari fitur tersebut tidaklah terlalu rumit. Ia mampu mendeteksi detak jantung dari penggunanya. Uniknya, jam ini bisa membedakan keadaan detak jantung penggunanya, apakah ia benar-benar stres atau hanya karena sedang berolahraga.

Nantinya, keadaan penggunanya tersebut akan dinilai dari skala 1 hingga 10. Nilai 1 menandakan keadaan di mana pengguna dalam keadaan relaks dan 10 di mana sedang dalam keadaan sangat stres.

Tingkat stres tersebut bisa saja diperlihatkan di layar Emvio ini. Akan tetapi, pengguna juga bisa mengatur agar layar jam tidak memperlihatkan level stres. Harapannya, tentunya, agar tidak semua orang "mengintip" keadaan si pemakai jam.

Smartwatch ini juga akan bergetar apabila mendeteksi penggunanya sedang dalam keadaan stres. Tentunya, saat menerima "getaran" tersebut, pengguna hanya perlu diam sebentar, menarik nafas, dan relaks agar tidak terus dalam keadaan stres.

Jam tangan pintar Emvio ini sedang dalam proyek pendanaan di situs crowdfunding Kickstarter. Emvio menargetkan pendanaan sebesar 250.000 dollar AS untuk proyek tersebut.

Hingga berita ini ditulis, Emvio sudah mendapatkan dana sebesar 22.400 dollar AS dengan sisa hari proyek selama 22 hari lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.