Kompas.com - 16/05/2015, 11:11 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Baterai smartphone bekas pakai seringkali teronggok begitu saja di pojokan laci atau tempat sampah? Bagaimana jika ia bisa "didaur ulang" dan kembali digunakan sebagai baterai portabel (powerbank)?

Itulah yang dilakukan oleh Better Re, powerbank bertenaga baterai bekas. Pembuatnya kini sedang melakukan pengumpulan dana di situs Kickstarter untuk keperluan produksi masal.

"Kami melihat bahwa banyak baterai smartphone sebenarnya masih bisa dipakai, tapi banyak yang disimpan atau dilempar ke tempat sampah. Kita kekurangan baterai, tapi ironisnya baterai malah  dibuang-buang," kata pencipta Better Re, Kiyong Shin, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari iDigitalTimes, Jumat (15/5/2015).

Shin menjelaskan bahwa masing-masing jenis baterai smartphone sebenarnya hanya bisa digunakan untuk tipe ponsel tertentu saja sehingga hanya materialnya yang didaur ulang.

Tapi kemudian dia menemukan bahwa bagian kontak listrik dari baterai-baterai itu ternyata serupa. Shin lantas membikin semacam klip universal yang bisa dipakai mengalirkan listrik dari aneka macam baterai.

"Better Re yang prakis dan ramah lingkungan pun tercipta," katanya.

Asyiknya, dengan Better Re, konsumen bisa memasang dan mengganti sendiri baterai (bekas) smartphone di dalam power bank ini, macam mengganti tinta pulpen saja.

Soal ramah lingkungan ini, sampah elektronik dari gadget memang banyak bertebaran. Di Amerika Serikat saja diperkirakan bahwa sebanyak 70 persen limbah berbahaya berasal dari sampah-sampah elektronik.

Daur ulang baterai bekas menjadi powerbank seperti yang dilakukan Better Re tentu mambantu mengurangi jumlah sampah elektronik. Apalagi, Better Re sepenuhnya dibuat dengan bahan-bahan ramah lingkungan seperti aluminium daur ulang, juga kayu dari pohon walnut dan maple.

Sejauh ini, Better Re sudah mengumpulkan dana sekitar 35.000 dollar AS dari target sebesar 50.000 dollar AS. Masih ada 25 hari tersisa untuk pengumpulan dana. Pembuatnya menargetkan unit-unit Better Re sudah bisa mulai dikirim pada Juni 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.