Kompas.com - 18/05/2015, 11:44 WIB
Begini tampak depan Huawei P8. Oik Yusuf/KompasTeknoBegini tampak depan Huawei P8.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Produsen smartphone Tiongkok, Huawei dikabarkan sedang membuat sistem operasi mobile rancangannya sendiri. Hal itu dilakukan Huawei untuk mengurangi ketergantungannya dari OS Android buatan Google.

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (17/5/2015), sistem operasi mobile itu disebut-sebut telah disiapkan dan dikembangkan oleh Huawei selama tiga tahun terakhir.

Selain itu, rumor yang berkembang selama ini adalah sistem operasi besutan Huawei itu juga disiapkan untuk smartphone baru Huawei yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Menurut sumber dalam Huawei yang dekat dengan permasalahan tersebut, OS tersebut akan menjadi sistem operasi mandiri, yang bekerja bersamaan dengan chip buatan Huawei juga.

Untuk prosesor, Huawei saat ini memang memiliki chip yang dibangun sendiri yang diberi nama Kirin. Chipset tersebut telah dipakai di beberapa lini smartphone Huawei, seperti lini Ascend Mate.

Belum jelas apa nama  yang akan disematkan Huawei untuk sistem operasi mobile-nya itu. Kapan OS mobile itu akan mulai dirilis dan digunakan di perangkat-perangkat Huawei juga belum diketahui.

Yang jelas, sejumlah pabrikan saat ini mulai mengembangkan sistem operasi mobile-nya sendiri untuk mengurangi ketergantungan akan Android buatan Google, seperti OnePlus yang mengembangkan Oxygen OS dan ZTE dengan sistem operasinya sendiri.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber GSM Arena

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.