Kompas.com - 20/05/2015, 17:18 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam setiap presentasi peluncuran produk, Xiaomi selalu menghadirkan kesan yang berbeda dari vendor-vendor lainnya. Salah satunya adalah dengan selalu menyebut nama perusahaan lain yang menjadi pemasok komponen baginya.

Bukannya apa-apa, selama ini vendor lain sangat jarang membeberkan nama pemasok perangkatnya. Pasalnya, tidak jarang pemasok komponen tersebut merupakan pesaing utama dari si vendor itu.

Blak-blakan Xiaomi perihal nama pemasok itu kembali terjadi dalam acara peluncuran smartphone berbasis Android terbarunya, Mi 4i, di Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Dalam acara tersebut, Hugo Barra, VP Xiaomi Global, setidaknya menyebut tiga nama besar di dunia smartphone yang terkadang juga disebut sebagai pesaing Xiaomi. Ketiganya adalah Sony, Samsung, dan Sharp.

Berdasarkan keterangan dari Hugo, produk baterai dari Mi 4i dikerjakan oleh dua penyuplai, yakni Sony dan Samsung. Keduanya pun ditunjuk untuk mengerjakan kamera dari Mi 4i. "Panel layarnya dibuat oleh Sharp," ujar Hugo.

Lantas, apa alasan di balik keputusan untuk menyebut nama vendor lain itu? Menurut Hugo, hal tersebut sengaja dilakukan untuk memamerkan kualitas komponen dari Mi 4i.

"Kami bangga bekerja sama dengan pemain-pemain hebat dalam industri. Kami juga berterima kasih karena perusahaan tersebut memberikan kami akses ke teknologi terbaik," tuturnya.

Xiaomi Mi 4i hadir dengan bentang layar 5 inci. Layar tersebut sudah mendukung resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dengan tingkat kerapatan 441 piksel.

Dari segi "jeroan", Xiaomi Mi 4i dilengkapi dengan SoC Snapdragon 615 64-bit 1,7 GHz octa core, RAM 2 GB, dan media penyimpanan 16 GB. Kamera utama pada ponsel ini memiliki resolusi sebesar 13 megapiksel, didampingi kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.