Kompas.com - 10/06/2015, 08:10 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Apple iOS 9 yang baru saja diumumkan di konferensi WWDC 2015 punya sejumlah fitur yang bisa dianggap tantangan bagi Google. Salah satu fitur tersebut berupa pengembangan yang membuka akses Spotlight untuk para developer aplikasi.

Melalui sebuah software development kit (SDK) baru, para pembuat aplikasi bisa menyematkan informasi mengenai aplikasi buatan mereka ke dalam Siri atau Spotlight. Dengan kata lain, aplikasi tersebut masuk ke dalam indeks pencarian iOS 9 sehingga dapat dengan mudah dicari oleh pengguna.

Contohnya ketika pengguna memasang aplikasi resep masakan. Dengan adanya fitur tersebut maka pengguna cukup mengetik "apple pie" dan Spotlight akan menunjukkan lokasi resep tersebut di dalam aplikasi, hanya melalui satu sentuhan.

Seperti dikutip KompasTekno dari The Next Web, Selasa (9/6/2015), fitur ini berarti sebuah kesempatan pengembangan baru untuk para developer aplikasi Apple. Tapi bagi Google, ini bisa diartikan tantangan "perang".

Dengan pembaruan advance programming interface (API) pada Spotlight, Apple berusaha membangun alat mesin pencari yang terhubung pada data-data di dalam iPhone. Pengguna pun jadi bisa mencari apa saja tanpa harus mengunjungi situs tertentu, dan pelan-pelan akan mengurangi ketergantungan pengguna terhadap mesin pencari milik Google.

Hal menarik lainnya, Apple berjanji bahwa data-data pengguna akan tetap berada dalam ponsel masing-masing. Mereka tidak akan mengunduhnya dan menyusunnya menjadi profil.

Desas-desus yang beredar belakangan ini mengungkap bahwa kerjasama penggunaan mesin pencari Google di dalam iOS sudah hampir selesai. Dengan kemunculan fitur baru pada iOS 9, akan segera terlihat apakah Apple akan segera meninggalkan mesin pencari itu atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.