Intel Siapkan Memori Flash 1.000 Kali Lebih Kencang

Kompas.com - 30/07/2015, 08:14 WIB
Memori 3d Xpoint yang dikembangkan Intel IntelMemori 3d Xpoint yang dikembangkan Intel
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Intel mengumumkan jenis penyimpanan non-volatil terbaru yang kecepatannya diklaim 1.000 kali lebih kencang dari memori flash yang ada saat ini. Memori tersebut diberi nama 3D Xpoint (cross point).

Bekerja sama dengan perusahaan semikonduktor Micron, Intel mengatakan jenis memori baru tersebut saat ini sudah mulai diproduksi dan bakal bisa dipakai di laptop, atau smartphone di masa mendatang.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Rabu (28/7/2015), 3d Xpoint ditargetkan utnuk mengganti memori non-volatil lainnya, seperti flash NAND yang saat ini dipakai di banyak smartphone.

Berbeda dari memori flash NAND yang bekerja dengan transistor tradisional yang harus diakses melalui keseluruhan barisnya, 3d Xpoint bekerja dengan menumpuk transistor itu dengan susunan saling melintang (crosshatch).

Intel Desain penyusunan sel transistor model crosshatch yang dibuat oleh Intel
Dengan penyusunan transistor seperti itu, Intel mengklaim masing-masing sel transistor bisa diakses satu-satu saat menulis atau membaca data, bukan membaca seluruh urutan sel lebih dahulu.

Karena itulah proses penulisan dan pembacaan data di standar penyimpanan 3d Xpoint diklaim  bisa dilakukan secara lebih cepat, bahkan mencapai 1.000 kali lebih cepat dari memori flash saat ini.

Selain itu, desain "anyaman" yang dikembangkan Intel tersebut memungkinkan mereka untuk menumpuk layer 10 kali lebih padat dibanding sebelumnya.

Artinya, kapasitas penyimpanan akan bertambah lebih besar tanpa berimbas kepada ukuran dimensi chip.

"Memori non-volatil kelas baru ini adalah bentuk revolusi teknologi yang memungkinakn akses cepat ke data dalam jumlah besar, selain memberi peluang bagi aplikasi baru," ujar Mark Adams, President Micron.

Saat ini, Intel dan Micron baru akan memproduksi chip dual-layer yang bisa menyimpan data sebesar 128 Gigabit (16 GB), kapasitas memori yang banyak diusung rata-rata smartphone saat ini.

Ke depannya, model dengan kapasitas lebih besar akan diperkenalkan keduanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X