Kompas.com - 02/08/2015, 14:15 WIB
Stiker Uber di jendela belakang salah satu mobil sewaan oik yusuf/ kompas.comStiker Uber di jendela belakang salah satu mobil sewaan
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Uber telah berhasil mencapai valuasi lebih dari 50 miliar dollar AS hanya dalam waktu lima tahun saja, lebih cepat dua hingga tiga tahun dari Facebook.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Business Insider, Minggu (2/8/2015), Uber dikatakan bakal segera mendapatkan pendanaan seri berikut sebesar 1 miliar dollar AS. Dari pendanaan tersebut, nilai valuasi Uber bakal meningkat ke angka 51 miliar dollar AS. Total seluruh pendanaan Uber hingga saat ini dikatakan telah mencapai 5 miliar dollar AS.

Pencapaian nilai valuasi tersebut dapat dikatakan sangat luar biasa. Pasalnya, Uber hanya membutuhkan waktu lima tahun sejak didirikan untuk memperoleh angka tersebut. Saat ini pun, perusahaan yang berpusat di San Francisco ini pun belum IPO.

Satu-satunya perusahaan rintisan digital (startup), kala itu, yang berhasil mendapatkan angka valuasi 50 miliar dollar AS sebelum IPO adalah Facebook. Akan tetapi, perusahaan buatan Mark Zuckerberg tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu 7 hingga 8 tahun sesudah didirikan.

Menurut catatan Business Insider, Facebook membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk mencapai valuasi 1 miliar dollar AS. Saat mencapai umur 5 tahun, Facebook "baru" mendapatkan valuasi 15 miliar dollar AS, dan mencapai valuasi 50 miliar dollar AS setelah hampir 8 tahun berdiri.

Facebook saat ini sudah menjadi perusahaan publik atau IPO. Saat mengutarakan niatnya untuk menjadi perusahaan publik, nilai Facebook telah mencapai 100 miliar dollar AS pada tahun 2012 lalu. Saat ini, Facebook bernilai 225 miliar dollar AS.

Uber merupakan perusahaan pemesan mobil yang beroperasi di 50 negara dan 300 kota di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, Uber bekerjasama dengan perusahaan rental mobil untuk mendapatkan armada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa perusahaan yang pernah menjadi pendana bagi Uber adalah Google Venture, perusahaan pemberi dana milik Google. Dalam pendanaan seri terbarunya, raksasa software Microsoft dikatakan ikut bergabung untuk memberikan dana.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.