Google Translate Terkini, Langsung dari Kamera dan Tak Perlu Internet

Kompas.com - 04/08/2015, 15:10 WIB
Teknologi World Lens di Google Translate mampu menerjemahkan teks lewat tangkapan lensa kamera GoogleTeknologi World Lens di Google Translate mampu menerjemahkan teks lewat tangkapan lensa kamera
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Saat berada di negara asing dan tidak mengerti kata-kata di papan penunjuk jalan atau menu restoran, pelancong biasanya bertanya kepada penduduk lokal atau menggunakan aplikasi penerjemah bahasa.

Kesulitan datang ketika penduduk lokal tidak mengerti bahasa Inggris, atau koneksi internet tidak tersedia untuk mengakses penerjemah online.

Kini tak perlu bingung lagi menghadapi kondisi seperti itu karena aplikasi penerjemah Google Translate sudah bisa bekerja tanpa butuh sambungan internet. Caranya pun sangat gampang. Pengguna bahkan tak perlu mengetik.

Cukup buka Google Translate versi terbaru di ponsel Android atau iOS, tekan ikon kamera, lalu arahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan, lalu teks itu pun akan berubah dari bahasa asal ke bahasa tujuan, langsung di tampilan jendela bidik kamera ponsel.

Ini bisa terwujud berkat fitur khusus bernama "Word Lens" yang mulai diintegrasikan pada Januari lalu ke Google Translate.

"Kami sadar bahwa pengguna membutuhkan alat penerjemah saat mereka jauh dari komputer, atau saat mereka tidak terhubung ke internet, misalnya saat berwisata atau memesan makanan di restoran," ujar Product Manager Google Translate Julie Catteau dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (30/7/2015).

Oik Yusuf/ Kompas.com Sebelum bisa memakai fitur Word Lens di Google Translate, kamu harus mengunduh paket bahasa yang dikehendaki terlebih dahulu

Perlu ditambahkan bahwa, berdasarkan hasil penelusuran KompasTekno, pengguna ponsel harus mengunduh paket online bahasa yang dikehendaki terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan Word Lens secara offline.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahasa Indonesia adalah salah satu dari total sebanyak 27 bahasa yang sekarang sudah didukung oleh penerjemahan Word Lens Google Translate.

Lainnya termasuk bahasa Perancis, Jerman, Thailand, Rusia, Spanyol, Portugal, Turki, dan Italia.

Word Lens sendiri adalah teknologi yang diperoleh Google melalui akuisisi perusahaan Quest Visual pada Mei 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.