Kompas.com - 25/08/2015, 13:03 WIB
Ilustrasi KONTAN/BAIHAKIIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemahnya nilai tukar rupiah malah memperkuat posisi distributor ponsel Erajaya Swasembada. Arus distribusi dan penjualan ritel perangkat elektronik serta produk operatornya dilaporkan naik 30 persen pada semester pertama 2015.

"Kami belum melihat ada tren yang sama pada distributor dan peritel lain," kata Corporate Secretary Erajaya Swasembada, Djatmiko Wardoyo, saat dihubungi KompasTekno, Senin (24/8/2015).

Djatmiko tak menampik bahwa kelesuan ekonomi mempengaruhi produktivitas semua industri. Namun, itu pula celah yang diklaim "menguntungkan" bagi Erajaya.

"Industri seluler secara keseluruhan mengalami penurunan. Saat distributor dan peritel lain lemah, kami tetap fokus. Pelanggan jadinya lari ke kami," ia menjelaskan.

Kenaikan 30 persen yang dimaksud merupakan angka konsolidasi seluruh anak usaha Erajaya Swasembada. Di antaranya terdiri dari ritel (Erafone dan iBox), distribusi (TAM) serta penjualan produk operator (SIM Card dan pulsa).

Menurut Djatmiko, ada dua faktor penting yang membuat posisi Erajaya tetap kuat. "Kami fokus pada ritel. Selain itu portofolio brand yang kami pegang sangat beragam," ia menuturkan.

Diketahui, Erajaya saat ini mengantungi 15 brand dengan izin distribusi. Sedangkan Erafone memiliki 18 brand untuk penjualan ritel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau tren penjualan produknya naik, Erajaya tetap waspada menghadapi beragam kemungkinan ke depan jika dollar terus menguat.

Saat ini pun, kata Djatmiko, kenaikan dollar sudah berimbas pada harga beberapa merek smartphone yang tak memiliki perusahaan rekanan (principal) di tanah air. Yakni Apple, Nokia/Microsoft Devices dan BlackBerry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.