Kompas.com - 09/09/2015, 14:57 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Meski sering merilis berbagai jenis produk baru, Samsung tampaknya sedang berada dalam masalah keuangan yang cukup berat. Hal tersebut terlihat dari rumor rencana perusahaan asal Korea Selatan tersebut untuk memangkas ribuan karyawannya.

Menurut laporan dari Economic Daily, sebuah koran asal Korea Selatan, Samsung dikabarkan berniat untuk merumahkan sekitar 10 persen dari karyawan di kantor pusat.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Android Authority, Rabu (9/9/2015), raksasa elektronik itu akan memangkas karyawan dari divisi SDM, hubungan masyarakat, dan departemen keuangan.

Hingga 30 Juni lalu, Samsung tercatat memiliki 98.999 karyawan di kantor pusatnya. Itu artinya, jika rumor tersebut benar, Samsung setidaknya akan memecat sekitar 9.899 karyawan.

Pemecatan itu sendiri dikatakan akan berlangsung setidaknya hingga tahun 2016 mendatang.

Samsung dikatakan sedang menghadapi berbagai tantangan, terutama di dunia smartphone. Hal itu terlihat dari menurunnya jumlah pengiriman smartphone pada kuartal kedua tahun 2015 ini.

Masih bersaing dengan Apple, Samsung kini berhadapan dengan banyak penantang baru dari China, sebut saja Xiaomi dan One Plus.

Nama kedua vendor tersebut terus naik daun karena berani menawarkan harga produk yang murah, tetapi dengan spesifikasi yang tinggi.

Samsung sendiri terus menjalankan strateginya dengan merilis berbagai smartphone kelas atas. Perangkat yang baru-baru ini dirilis adalah Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.