AMD Pisahkan Bisnis Kartu Grafis dan Prosesor

Kompas.com - 11/09/2015, 11:33 WIB
AMD Radeon istAMD Radeon
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Advanced Micro Devices (AMD) mengumumkan pemisahan unit bisnis prosesor grafis (GPU/graphics processor unit) dari bisnis CPU (central processing unit)-nya selama ini, pada Rabu (9/9/2015).

Dikutip KompasTekno dari PC World, AMD membuat unit baru bernama Radeon Technologies Group yang pada intinya membangun ulang perusahaan prosesor grafis ATI yang telah dimiliki perusahaan sejak 2006.

Pemisahan unit bisnis tersebut menurut pernyataan resmi AMD bertujuan agar perusahaan grafisnya memiliki otonomi sendiri untuk menjawab tantangan kebutuhan grafis virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), selain tentunya mendukung pasar gaming.

"Kami memasuki era dimana komputasi makin menyatu, banyak piksel yang akan meningkatkan kehidupan kita sehari-hari, namun belum bisa kita maksimalkan," terang CEO AMD, Lisa Su.

Diterangkan oleh Su, Radeon Technologies Group akan menjadi organisasi vertikal yang memperkuat posisi AMD sebagai perusahaan produsen prosesor grafis, termasuk juga upaya bangkit di pasar grafis tradisional serta masuk ke pasar baru bernama VR dan AR.

Untuk mengepalai bisnis barunya tersebut, ditunjuklah eksekutif AMD Raja Koduri yang sebelumnya menjabat sebagai Senior VP and Chief Architect AMD.

Koduri akan bertanggung jawab langsung ke CEO AMD dan menangani semua teknologi grafis yang digunakan oleh kartu grafis AMD, produk komputasi GPU, serta chip APU yang mengombinasikan fungsi CPU dan grafis secara bersamaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan Radeon Technologies Group, kami memiliki tim khusus yang menangani bisnis yang sedang berkembang, dan menjadi bagian dari perubahan industri," demikian pernyataan resmi dari Koduri.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PC World

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.