Samsung Bikin Baterai Lentur untuk "Wearable Device"

Kompas.com - 26/10/2015, 15:42 WIB
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Samsung mengembangkan baterai super tipis dan lentur untuk wearable. Dengan baterai tersebut, pengembang dikatakan bisa mewujudkannya ide-ide kreatif yang sebelumnya dirasa tak mungkin.

Sebab, wearable tak melulu tentang smartwatch dan fitness band. Pengembang juga bisa membuat kalung pintar, bandana pintar dan aksesori lainnya.

Dua jenis baterai "ajaib" yang dirancang untuk membuat inovasi ragam wearable tersebut bertajuk "Stripe" dan "Band", sebagaimana dilaporkan HotHardware dan dihimpun KompasTekno (26/10/2015).

Samsung mengklaim Stripe disusun menggunakan material canggih. Baik pada bahan luarnya maupun komponen internalnya.

Tebalnya hanya 0,3 mm dan teksturnya lentur seperti karet. Sehingga baterai tersebut dapat menyesuaikan dengan berbagai bentuk perangkat.

Kepadatan energinya, kata Samsung, dibuat lebih tinggi dari baterai lain yang beredar di pasaran saat ini. Dengan begitu, daya tahan perangkat dapat ditingkatkan.

Lain Stripe, lain pula Band. Jenis yang kedua dibuat khusus untuk smartwatch. Saat disematkan pada smartwatch, kata Samsung, Band dapat meningkatkan kapasitas baterai hingga 50 persen.

Kedua produk diperkenalkan pada ajang InterBattery 2015 di Seoul, Korea Selatan. Saat ini keduanya masih dalam bentuk prototipe. Belum jelas kapan Samsung akan memboyong kedua produknya untuk pasar komersil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.