Kompas.com - 20/11/2015, 14:57 WIB
Ruang pantau 24 jam di GCHQ ReutersRuang pantau 24 jam di GCHQ
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Organisasi intelijen Inggris sedang membentuk pasukan elit khusus serangan cyber untuk melumpuhkan hacker dan kekuatan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Pengadaan pasukan khusus ini sebagai respon dari ancaman serangan digital dari kelompok teroris tersebut.

Sebelumnya, ISIS berusaha menemukan jalan untuk menyerang berbagai infrastruktur Inggris, seperti rumah sakit, jaringan listrik, hingga sistem kendali udara.

Bila hal tersebut terjadi, seperti dikatakan Kanselir George Orborne, akibatnya bisa fatal dan mematikan.

Karena itu demi menangkal serangan, Inggris langsung mengucurkan dananya untuk membangun pertahanan cyber, menyederhanakan struktur cyber mereka, serta membuat tim penyerang khusus.

"Kami akan mempertahankan diri. Tapi kami juga akan melawan Anda," tegas Osborne yang saat ini merupakan orang kedua paling berpengaruh di Inggris.

"Saat ini kami sedang mengembangkan kemampuan serangan cyber, khusus untuk melakukan serangan balik di dunia cyber. Ketika mengaitkannya dengan usaha menjegal (ISIS), artinya adalah upaya untuk menjegal ancaman cyber mereka, baik berupa bom, senapan dan pisau," imbuhnya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Reuters, Jumat (20/11/2015), pasukan khusus serangan cyber milik Inggris akan dikelola oleh lembaga intelijen GCHQ bersama Kementerian Pertahanan.

Target operasi pasukan khusus tersebut adalah hacker, geng kriminal, kelompok militan, hingga berbagai kekuatan yang mengancam.

Osborne mengatakan dana yang disiapkan untuk mengembangkan keamanan cyber kali ini total mencapai 1,9 miliar poundsterling atau setara Rp 40 triliun sampai periode 2020 mendatang.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X