2016, Smartphone "Force Touch" Ramai Diluncurkan

Kompas.com - 22/12/2015, 09:07 WIB
Aplikasi khusus di ponsel yang terhubung dalam pakaian dalam memungkinkan Anda bisa memberi rangsangan langsung kepada pasangan dengan teknologi layar sentuh. FACEBOOKAplikasi khusus di ponsel yang terhubung dalam pakaian dalam memungkinkan Anda bisa memberi rangsangan langsung kepada pasangan dengan teknologi layar sentuh.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Tahun depan, setidaknya 25 persen perangkat mobile memiliki teknologi Force Touch. Baik jenis perangkat smartphone, smartwatch, maupun tablet.

Hal itu diprediksi firma analis teknologi IHS, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Selasa (22/12/2015).

Menurut riset IHS, penjualan modul Force Touch akan naik 317 persen menjadi 461 juta unit pada 2016 mendatang. Modul itu akan disematkan pada perangkat mid-range hingga high-end.

Kegandrungan vendor menyematkan Force Touch bersumber dari tuntutan masyarakat modern. Hal itu, kata IHS, tak lepas dari dominasi Apple sebagai penggiring tren.

Diketahui, pabrikan Cupertino itulah yang pertama kali memperkenalkan teknologi Force Touch melalui produk Apple Watch pada April tahun ini.

Force Touch pada dasarnya adalah teknologi layar sentuh yang lebih peka. Teknologi tersebut mampu menghasilkan respon berbeda pada layar berdasarkan kekuatan sentuhan pengguna.

Dari sentuhan lembut, sedang, hingga keras. Fungsi tersebut dianggap mengakomodir perintah yang lebih beragam sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam menjajal ponsel layar sentuh.

Saat ini, perangkat yang sudah menggunakan teknologi Force Touch antara lain Apple Watch, Apple iPhone 6s, Apple iPhone 6s Plus, dan Huawei Mate S. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.