Microsoft Tunda Windows 10 untuk Ponsel Lawas

Kompas.com - 24/12/2015, 09:10 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft menunda ketersediaan Windows 10 Mobile untuk ponsel lawas. Pemilik ponsel dengan sistem operasi Windows 8 dan 8.1 harus bersabar hingga tahun depan.

"Pembaruan ke Windows 10 Mobile baru dimulai awal 2016 bagi beberapa perangkat Windows 8 dan 8.1," kata juru bicara Microsoft, sebagaimana dilaporkan ZDNet dan dihimpun KompasTekno, Kamis (24/12/2015).

Jika merujuk pada jadwal, Windows 10 Mobile seharusnya sudah bisa dijajal para pemilik ponsel lawas sejak bulan ini. Hal itu disampaikan Microsoft pada Oktober 2015 lalu.

Microsoft tak membeberkan secara spesifik alasan penundaan. Menurut beberapa sumber dalam, Microsoft ingin mengkaji ulang Windows 10 Mobile.

Sebab, sistem operasi yang dijadikan ujung tombak tersebut nyatanya belum bisa menyamai langkah Android dan iOS. Laporan kuartal ketiga 2015 menunjukkan penetrasi sistem operasi Windows Mobile hanya 1,7 persen dari keseluruhan pasar smartphone.

Salah satu penyebab yang paling sering disinggung adalah kurangnya aplikasi populer pada Windows Mobile. Beberapa aplikasi yang sebelumnya tersedia pun memilih hengkang. Antara lain Path, Pinterest, NBC, American Airlines, Chase Bank, dan Bank of America.

Diketahui, Windows 10 Mobil memiliki dua fitur unggulan: Continuum dan Microsoft Edge. Continuum memungkinkan tampilan ponsel serupa dengan desktop dan mensinkronisasi dua perangkat atau lebih. Sementara Microsoft Edge adalah layanan browser default yang diklaim lebih cepat dan dinamis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ZDNet


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.