Kompas.com - 23/01/2016, 10:36 WIB
Brave browser BraveBrave browser
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Co-founder Mozilla, Brendan Eich membuat browser open source baru yang diklaim bekerja lebih cepat, dengan memblokir semua tampilan iklan di dalam web. Browser tersebut diberi nama Brave.

"Browser Brave memblokir hampir semuanya, mulai dari script analitik yang sering membuat halaman lama dibuka, impression-tracking pixel, serta sinyal konfirmasi ad-click," ujar Eich dalam keterangan resminya.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Jumat (22/1/2016), dengan mengurangi proses-proses yang tidak penting tadi, maka halaman internet bisa dibuka 60 persen lebih cepat, dimana 20 persen di antaranya adalah hasil penghapusan tracker data tadi.

Namun jangan lekas gembira dulu mengira pengalaman browsing Anda jadi bebas iklan, sebab Brave mengganti tampilan iklan yang diblokir dengan iklan pilihannya sendiri.

Brave Software, perusahaan pembuat browser itu, akan memangkas 15 persen pendapatan dari iklan yang ditampilkan di browsernya itu.

Sebagai platform open source, Brave memiliki APK yang bisa diunduh di situs GitHub. Tersedia APK versi desktop untuk OS Mac/Windows/Linux serta mobile versi Android dan iOS.

Untuk mencoba dan membuktikan sendiri seberapa cepat browser Brave ini, Anda bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.