Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2019, Internet Jakarta dan Singapura Bisa Setara

Kompas.com - 18/03/2016, 17:01 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2019, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap agar kecepatan internet di Ibu Kota Jakarta mampu mendekati atau bahkan menyamai Singapura.

Memang perbandingan tersebut tidak apple-to-apple. Jakarta merupakan nama salah satu kota di Indonesia. Sedangkan, Singapura merupakan negara di Asia Tenggara.

Meskipun begitu, Chief RA, panggilan akrabnya, berharap Jakarta bisa dilengkapi dengan infrastruktur internet secepat negara tetangga tersebut.

Rudiantara sendiri berharap Indonesia bisa menjadi negara dengan kecepatan internet tercepat kedua di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2019 mendatang.

"Dengan Singapura kita tidak akan bisa compete sebagai negara. Tapi services antara Singapura dengan Jakarta, "11-12" (mirip-red) di tahun 2019," ujar Rudiantara saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Kamis (17/3/2016).

Rudiantara, mengutip laporan dari Open Signal, membeberkan bahwa saat ini kecepatan internet di Jakarta sendiri sebenarnya sudah lumayan mumpuni. Rata-rata kecepatan di kota Jakarta dikatakan mencapai 6,9 Mbps, nyaris 7 Mbps.

Kecepatan tersebut dikatakan nyaris sebanding dengan kota besar di Amerika Serikat, yakni Los Angeles dengan kecepatan 7,88 Mbps. Internet di kota Jakarta pun dikatakan jauh lebih unggul dari kota-kota di Asia.

"Kecepatan internet di Bangkok hanya 2,33 Mbps; New Delhi 1,89 Mbps; Kuala Lumpur 5,87 Mbps, ada di bawah kita," ujar Rudiantara.

Tidak bisa dipungkiri bahwa rata-rata kecepatan internet secara nasional masih belum terlalu baik, bahkan masih kalah dari beberapa negara di Asia Tenggara.

Meski begitu, Rudiatara tetap optimis, target tercepat kedua di Asia Tenggara tersebut bisa dicapai pada tahun 2019 mendatang.

"Targetnya memang cukup menantang, tetapi bukan suatu hal yang mustahil untuk dicapai," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com