Mayoritas Kecamatan di Jawa Timur Terjangkau 4G Smartfren

Kompas.com - 23/03/2016, 08:16 WIB
Penulis Farid Assifa
|
EditorReska K. Nistanto
PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Head of Brand & Marketing Communications PT Smartfren Telecom, Derrick Surya mengatakan, layanan internet mobile 4G LTE Smartfren bukan hanya terkonsentrasi di kota-kota besar, melainkan juga ke wilayah terkecil hingga ke tingkat Kecamatan.

"Hingga saat ini 58 persen kecamatan di Jawa Timur telah terlayani oleh jaringan 4G LTE advanced Smartfren," kata Derrick kepada KompasTekno, Senin (21/3/2016) di sela kegiatan uji jaringan.

Derrick menambahkan, dengan dukungan 1.300 lebih base transceiver station (BTS) 4G, maka Derrick mengklaim Smartfren sebagai operator seluler dengan jaringan 4G LTE terluas di Indonesia.

Apa yang disampaikan oleh Derrick dibuktikan oleh Smartfren dengan hasil uji jaringan yang dilakukan di Jawa Timur yang juga diikuti pleh KompasTekno.

Uji jaringan 4G LTE Smartfren menyusuri daerah-daerah di Jawa Timur, mulai dari Sidorarjo, Surabaya, Pasuruan hingga Probolinggo. Pengujian yang dilakukan meliputi kecepatan browsing internet, video streaming dan mengunggah foto di jejaring sosial.

Baca juga: Dari Sidoarjo ke Probolinggo, Bagaimana Sinyal 4G Smartfren?

Selain melakukan uji jaringan 4G, Smartfren juga menguji fitur panggilan video (video call) melalui jaringan internet, atau yang biasa disebut dengan voice over LTE (VoLTE).

Baca juga: Smartfren Uji Telepon Pakai VoLTE dari Probolinggo

Teknologi VoLTE bisa dinikmati di dua ponsel Android Smartfren yakni Andromax R2 dan Andromax E2. Kedua ponsel tersebur sudah mendukung jaringan 4G LTE dan diklaim sebagai ponsel pertama di Indonesia yang memiliki fitur VoLTE.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.