Xiaomi Rilis Penanak Nasi Pintar, Bisa Dikontrol dari Smartphone

Kompas.com - 30/03/2016, 17:10 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno


KOMPAS.com - Penanak nasi (rice cooker) pintar? Kenapa tidak? Xiaomi baru saja memperkenalkan alat elektronik gabungan home appliance dengan gadget itu. Nama lengkapnya cukup panjang, yakni “Mi Induction Heating Pressure Rice Cooker”.

Dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Rabu (30/3/2016), sang penanak nasi pintar merupakan produk pertama dari sub-brand “Mi Ecosystem” yang akan dikembangkan oleh Xiaomi.

Sudah barang tentu, penanak nasi Xiaomi ini lebih cerdas dibandingkan rice cooker konvensional. Di samping memiliki lapisan cast-iron yang dijamin bisa memasak nasi secara merata, ia juga bisa terhubung ke smartphone melalui aplikasi khusus.

Lewat aplikasi tersebut, pengguna bisa memindai kemasan beras untuk mengidentifikasi jenis, merk, dan daerah asal bahan makanan yang bersangkutan.

“Berdasarkan informasi itu, penanak nasi kemudian bisa mengatur cara memasak yang paling cocok dengan tipe beras. Ada lebih dari 200 merk beras yang didukung. Jumlahnya akan lebih banyak di masa depan,” sebut Xiaomi dalam sebuah pernyataan.

Selain menanak nasi, sang rice cooker pintar bisa juga diprogram untuk memasak aneka jenis makanan lain, seperti kue.

Seperti produk smart home lain dari Xiaomi, Mi Induction Heating Pressure Rice Cooker sebenarnya dibikin oleh sebuah perusahaan rekanan, kali ini bernama Chun Mi.

Mi Induction Heating Pressure Rice Cooker dibanderol seharga 999 yuan di China, atau setara Rp 2 juta. Xiaomi optimis ia bisa bersaing dengan aneka produk serupa dari Jepang yang biasanya dibanderol hingga empat kali lipat lebih mahal.

Selain rice cooker, Xiaomi juga telah membikin jenis-jenis piranti smart home lain seperti air purifier, monitor tekanan darah, dan segway pintar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.