Kompas.com - 02/05/2016, 13:40 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Maret 2016, perusahaan rintisan digital (startup) lokal, KinerjaPay, telah melantai perdana di OTCQB Amerika Serikat.

Chairman PT Kinerja Indonesia, induk perusahaan KinerjaPay, Edwin W. Ng dalam temu media di Jakarta, Jumat (29/4/2016) mengatakan, keinginannya mendaftarkan KinerjaPay ke OTCQB karena untuk mengumpulkan dana lebih besar.

Selain itu, dia menganggap pasar modal di Amerika Serikat jauh lebih stabil dan siap mengakomodasi kebutuhan startup. Meski begitu, hingga sekarang, dirinya enggan menyebutkan nama-nama pembeli.

Chief Executive Officer KinerjaPay Deny Raharjo menyebutkan, KinerjaPay menawarkan harga saham perdana sebesar 0,5 dollar AS per lembar atau berkisar Rp 6.500 - Rp 7.000. Pada saat ini, harga per lembar sekitar 0,70 dollar AS atau mencapai Rp 9.100 - Rp 9.800.

"Kami ingin perolehan pengumpulan dana tersebut untuk memperbaiki infrastruktur pusat data. Kami ingin KinerjaPay bisa jadi solusi pembayaran, game, dan laman pemasaran bagi pengguna ponsel pintar yang nyaman. Jika sekarang akses menjalankan aplikasi atau laman masih lama, itu karena kami sedang memperbaiki sistem infrastrukturnya," ungkap Deny.

Perbedaan dengan bursa saham lain

Informasi perihal melantainya KinerjaPay di bursa AS menimbulkan kekaguman sekaligus pertanyaan bagaimana caranya bisa menembus pasar keuangan Amerika Serikat. Ada pula pertanyaan apa itu OTCQB dan perbedaannya dengan NASDAQ, NYSE, dan sejenisnya?

Pengamat pasar modal Yanuar Rizky, yang dihubungi Kompas Tekno beberapa waktu lalu, menyampaikan bahwa banyak bursa saat ini berada dalam status izin Alternative Trading Sytsem (ATS). Maksud dari ATS adalah sistem perdagangan yang aturannya di luar pasar saham.

Sifat perdagangannya berdasarkan kesepakatan para pihak berkepentingan, baik dari sisi harga maupun momen transaksinya. Biasanya disebut pula over the counter (OTC).

OTCQB, lanjut Yanuar, merupakan bursa-bursa yang tidak sebesar New York Stock Exchange (NYSE) dan NASDAQ Stock Market.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.