XL dan Indosat Jualan Bonus 4G "Jumbo", Smartfren Pilih Strategi Lain

Kompas.com - 25/05/2016, 14:52 WIB
Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra saat berbicara di sela-sela Selular Congress 2016 Fatimah Kartini Bohang/KompasTeknoChief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra saat berbicara di sela-sela Selular Congress 2016
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Paket data dengan bonus kuota 4G jumbo jadi "seksi" akhir-akhir ini. Indosat memulai tren itu dengan meluncurkan paket Combo Freedom berbonus 4G hingga 10 GB, dengan tarif Rp 199.000.

Seakan tak mau kalah, pekan lalu XL merilis paket serupa tapi tak sama. Bertajuk Combo Xtra, paket Rp 239.000 itu menawarkan bonus kuota 4G hingga 40 GB.

Di tengah ketatnya persaingan dua operator, Smartfren justru mencabut paket 4G True Unlimited dengan tarif Rp 75.000. Operator tersebut menggantinya dengan paket 4G berkuota 30 GB tanpa bonus, seharga Rp 300.000.

Baca: Membandingkan Tarif 4G XL, Indosat, dan Smartfren

Bagi sebagian orang, tarif baru Smartfren tentu tak semenggiurkan tawaran XL atau Indosat. Meski begitu, Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra menegaskan pihaknya tak berniat mengikuti tren operator lain, ataupun menghadirkan kembali paket 4G True Unlimited.

Menurut dia, ketika meluncurkan paket True Unlimited tahun lalu, Smartfren bertujuan menumpas ketakutan masyarakat akan mahalnya jaringan 4G. Tapi paket itu tak bisa diberlakukan terus-menerus karena tak menguntungkan dari segi bisnis.

"Setelah kami hitung, kebutuhan rata-rata penggunaan internet masyarakat memang 30 GB. Harga Rp 300.000 juga menurut kami cukup terjangkau," kata dia, Rabu (25/5/2016), usai menjadi pembicara pada Selular Congress 2016 di Balai Kartini, Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau tarifnya di bawah itu, bisnis ini nggak akan sustainable. Kami nggak mau ada komoditisasi data. Kalau begitu terus, operator nggak akan punya masa depan," ia menambahkan.

Roberto memaklumi langkah para operator meluncurkan paket murah berkuota besar menjelang Ramadhan. Strategi itu ia anggap lumrah untuk meningkatkan penetrasi di momen yang tepat.

"Kalau kami ikut, persaingan tarif nggak akan ada ujungnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.