Kompas.com - 04/06/2016, 09:04 WIB
Ilustrasi perangkat-perangkat Google Nexus GoogleIlustrasi perangkat-perangkat Google Nexus
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google bakal melakukan sejumlah perombakan pada sistem operasi Android. Tujuannya agar Android bisa setara atau melebihi iPhone soal keseragaman software, hardware, dan performa.

Bukan hal yang mengherankan jika Google ingin merombak Android. Pasalnya, selama ini sistem operasi milik raksasa mesin pencari itu mengalami masalah fragmentasi.

Fragmentasi yang dimaksud adalah "kebisingan" Android alias ketidakseragaman spesifikasi dan kinerja ponsel yang menggunakan sistem operasi Android.

Baca: 2015, Ada 600 Model Ponsel Android yang Beredar

Saat ini ada banyak sekali produsen serta produk yang memakai sistem operasi Android, namun masing-masing menunjukkan kinerja berbeda, dari rendah hingga tinggi. Penerapan Android versi terbaru pun terkendala karena fragmentasi.

Baca: Catatan Buruk Marshmallow Jelang Kelahiran Android N

Seperti diketahui, Apple menerapkan sistem tertutup untuk iOS. Peranti software dan hardware iPhone pun dijaga ketat oleh Apple, sehingga seragam pada setiap modelnya.

Saat ini belum diketahui modifikasi seperti apa yang akan dilakukan raksasa internet itu pada Android. Namun indikasi perubahan itu memang sudah ada.

Seperti dilansir KompasTekno dari Bloomberg, Sabtu (4/6/2016), salah satunya adalah pernyataan CEO Google Sundar Pichai dalam Code Conferense beberapa waktu lalu yang tegas-tegas akan “melakukan lebih memikirkan” smartphone Nexus.

Google disebut bakal merombak segala ketentuan dalam proyek Nexus. Seperti diketahui, Nexus merupakan proyek kerja sama antara Google dengan vendor untuk menghasilkan contoh ponsel Android yang baik.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bloomberg

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.