Kompas.com - 04/07/2016, 17:10 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple dikabarkan bakal mengakuisisi aplikasi Tidal milik rapper dan produser musik kawakan Jay-Z. Tidal sendiri merupakan aplikasi music streaming semacam Spotify atau Apple Music.

Bedanya, kedekatan Jay-Z dengan para musisi kerap membuat Tidal mendapat perlakuan khusus. Beberapa penyanyi memilih merilis lagu dan albumnya secara eksklusif untuk pertama kali di Tidal.

Sebut saja rilisan teranyar Lemonade dari Beyonce dan beberapa lagu dari Madonna dan Kanye West yang pertama kali diperuntukan bagi pengguna Tidal.

Belum jelas kesepakatan seperti apa yang hendak ditawarkan Apple kepada Tidal. Dilansir KompasTekno, Senin (4/7/2016) dari SlashGear, Apple bukanlah satu-satunya pihak yang ingin mencaplok Tidal.

Tahun lalu, Tidal disebut telah melakukan pembicaraan bisnis dengan beberapa perusahaan, salah satunya Rhapsody yang juga merupakan layanan music streaming.

Rumor kesepakatan antara Apple dan Tidal muncul setelah ketegangan Apple dan Spotify mencuat. Hal ini disebut-sebut sebagai upaya Apple untuk meningkatkan daya kompetisi dengan Spotify.

Baru-baru ini, Apple menolak memberikan opsi update pada aplikasi iOS Spotify. Hal tersebut membuat Spotify geram dan menuding Apple melakukan persaingan tak sehat.

Sementara itu, Apple mengatakan alasan pemutusan update itu karena Spotify menggunakan mekanisme billing milik sendiri, bukan milik iTunes, untuk melakukan pembayaran. Hal itu melanggar ketentuan model bisnis App Store.

Pihak Spotify kurang setuju dengan pungutan yang diterapkan Apple karena raksasa itu mengambil potongan 30 persen dari setiap pembelian yang dilakukan melalui iTunes.

Pada awal Juni, angka tersebut diubah menjadi hanya 15 persen, tapi Spotify rupanya masih belum puas. Layanan music streaming itu pun berupaya mengarahkan pelanggan ke situs miliknya sendiri untuk melakukan pembayaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Slashgear
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.