Kompas.com - 28/07/2016, 18:11 WIB

KOMPAS.com - Prisma, aplikasi pengubah foto menjadi karya seni yang belakangan ini populer, bakal dikembangkan lebih jauh. Aplikasi tersebut akan dimodifikasi sehingga bisa memproses video singkat.

Rencananya pemrosesan video tersebut dirancang agar bisa menghasilkan efek serupa editing foto. Video yang tadinya biasa diubah agar memiliki tampilan bak sebuah karya seni, entah bergaya Pop-Art atau kombinasi garis dan kotak ala “Mondrian”.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (28/7/2016), co-founder Prisma, Alexey Moiseenkov mengatakan bahwa alat pengedit video itu sedang digarap dan sebenarnya sudah selesai.

Baca: Apa Itu Aplikasi Foto Prisma?

Mereka belum merilisnya sebagai fitur dalam aplikasi karena saat ini perusahaan perlu mengatur ulang skala infrastruktur mereka agar bisa menangani kapasitas video dan pengguna yang lebih banyak.

Namun pengguna yang sudah tak sabar, sebenarnya tidak perlu menunggu lama. Moiseenkov juga memprediksi bahwa fitur pengedit video itu akan bisa dirilis dalam beberapa pekan mendatang.

Sekadar diketahui, aplikasi edit foto Prisma mengandalkan teknologi cloud untuk mengubah berbagai foto agar terlihat layaknya sebuah karya seni. Pantauan KompasTekno saat ini di Android ada 29 filter yang bisa dipilih.

Aplikasi ini menggunakan kombinasi dari jaringan saraf tiruan alias neural networks dengan intelijen buatan atau artificial intelligence untuk mengaplikasikan filter tersebut.

Prisma sendiri sangat digemari di platform iOS. Pihak pengembang mengklaim sudah ada 400 juta foto yang di-Prisma-kan dan aplikasinya diunduh 10,6 juta kali di iOS sejak pertama kali dirilis pada awal Juli ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.