SSD Pemecah Rekor Dijual Seharga Mobil

Kompas.com - 02/08/2016, 13:21 WIB
SSD Samsung PM 1633a SamsungSSD Samsung PM 1633a
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Meski jauh lebih cepat, media penyimpanan tipe solid state drive (SSD) biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibandingkan hard disk konvensional.

Tapi tidak demikian halnya dengan SSD Samsung PM 1633a dari Samsung yang menyediakan ruang storage sebesar 15,56 terabyte.

Produk yang baru diperkenalkan oleh pembuatnya ini merupakan SSD pemecah rekor dengan kapasitas terbesar di dunia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (2/8/2016).

Banderol harganya pun terbilang “wah”, mencapai 10.000 dollar AS atau lebih dari Rp 130 juta. Lebih dari cukup untuk menebus sebuah mobil murah.

Samsung PM 1633a bukan hanya SSD paling lega sedunia, tapi sekaligus merupakan hard drive (media penyimpanan komputer, baik yang berbasis flash memory seperti SSD maupun kepingan magnetik seperti hard disk) terbesar, mengalahkan produk hard disk konvensional macam Seagate Barracuda Pro yang memiliki kapasitas hingga 10 terabyte.

Dengan kapasitas dan harganya yang tinggi, Samsung PM 1633a bukan ditujukan bagi pengguna rumahan, melainkan kalangan enterprise, misalnya untuk keperluan data center atau sistem server skala besar.

Sebuah server storage rack 42U standar bisa dijejali 1.000 unit Samsung PM 1633a sehingga memiliki kapasitas lebih dari 15 petabyte. Tentu, ongkos yang dikeluarkan pun bisa mencapai jutaan dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.