Kompas.com - 29/08/2016, 09:03 WIB
Tim Polda Metro Jaya melacak mobil rampasan dengan memanfaatkan teknologi GPS (global positioning system). TMC Polda MetroTim Polda Metro Jaya melacak mobil rampasan dengan memanfaatkan teknologi GPS (global positioning system).
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Kepolisian Polda Metro Jaya bekerja sama dengan jajaran Mapolres Serang, Banten, menangkap pelaku pencurian mobil dengan memanfaatkan teknologi GPS (global positioning system).

Akun Facebook TMC Polda Metro Jaya melaporkan pemilik mobil, Anggi mengalami tindak kejahatan perampasan pada Jumat (26/8/2016) lalu ketika tengah berhenti di kawasan Kemang Pratama V, Bekasi. Saat itu, Anggi bersama saudaranya sedang bepergian ke daerah tersebut.

"Ibu Anggi melaporkan kepada AKBP Timin (Kasat Lantas Jakarta Timur). Timin segera menghubungi TMC Polda Metro Jaya untuk melakukan pelacakan. Jajaran anggota juga melakukan pengejaran," kata Kepala Sub Bagian Tekinfo Polda Metro Jaya, Kompol Purwono.

Mobil Anggi menurut keterangan, telah dipasangi GPS yang langsung bisa dilacak. Dari hasil pantauan GPS, Petugas TMC Polda Metro Jaya menemukan titik koordinat mobil yang dirampas pelaku, yakni sedang berada di Jalan Ahmad Yani, Serang, Banten pada Sabtu (27/8/2016).

Petugas TMC Polda Metro Jaya meneruskan informasi tersebut ke Polres Serang dan diterima oleh Bripka Wahyu. Oleh Bripka Wahyu langsung dilakukan pengejaran terhadap pelaku.

"Dengan dipandu oleh Petugas TMC Polda Metro Jaya, Bripka Wahyu kemudian menyergap pelaku dan mengamankan barang bukti ke Polres Serang," jelas Purwono.

Peristiwa ini menunjukkan efektifnya teknologi GPS yang dipasang di mobil. Jika terjadi tindak pencurian atau perampasan, polisi bisa dengan mudah mencari lokasi keberadaan mobil yang dicuri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.