Kesan Pertama Menjajal Mirrorless "Retro" Fujifilm X-T2

Kompas.com - 29/08/2016, 19:15 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Fujifilm segera merilis kamera mirrorless terbarunya, X-T2, di pasaran Indonesia pada September mendatang. Kamera berbanderol Rp 21 juta ini ditujukan untuk kalangan fotografer profesional yang biasa memakai DSLR.

Dibandingkan pendahulunya, X-T1, X-T2 mengusung sejumlah perubahan, baik dari sisi luar maupun isi “jeroan”, yang membuatnya lebih ideal untuk dipakai memotret.

KompasTekno berkesempatan menjajal X-T2 dalam perjalanan photo trip ke sejumlah daerah di kepulauan Nusa Tenggara yang digelar Fujifilm Indonesia pekan lalu.

Kamera dengan gaya retro ala SLR tahun 80-an ini tak ubahnya produk bertampilan jadul yang dijejali aneka macam teknologi digital imaging modern. Seperti apa? Ikuti ulasan singkatnya di bawah.

Serupa tapi tak sama

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Fujifilm X-T2 mempertahankan desain tubuh yang mirip dengan pendahulunya, X-T1.

Para pengguna kamera Fujifilm X-T1 pasti akan langsung familiar dengan X-T2. Ini karena kamera yang bersangkutan memang mempertahankan faktor bentuk serupa, dengan Electronic Viewfinder (EFV) dalam “punuk” di bagian tengah, handgrip, serta rangkaian tombol dan control dial.

Total terdapat enam fombol Functions (Fn) yang fungsinya bisa diganti-anti sesuai keinginan.

Di bagian top plate bertengger tiga control dial yang masing-masing mengatur fungsi exposure compensation, kecepatan rana, dan rentang sensitivitas yang kini memiliki range native ISO 200-12.800, atau 1 stop lebih tinggi dari X-T1 yang mentok di ISO 6.400.

ISO dial ditumpuk dengan dial kedua yang mengatur drive mode (single shot, continuous low/ high, juga video), sementara dial untuk metering (spot, partial, evaluative) disatukan dengan dial kecepatan rana.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi top plate X-T2 dengan tiga command dial dan shutter release yang memiliki ulir.

Kecuali dial exposure compensation yang kini memiliki custom (untuk memprogram EC lebih tinggi atau rendah dari -3 dan +3 EV yang tertera), kedua dial lainnya dibekali tombol pengunci agar tak mudah bergeser secara tidak sengaja. Tombol shutter juga dilengkapi dengan ulir untuk memasang remote atau soft release, setelah sempat absen dari X-T1.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.