Seperti Inikah "Smartwatch" Pertama Xiaomi?

Kompas.com - 31/08/2016, 12:09 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Beberapa bulan terakhir santer beredar kabar bahwa Xiaomi bakal meluncurkan arloji pintar pertamanya, "Mi Smartwatch", pada September mendatang. Kini, anak usaha Xiaomi yang bernama Huami baru saja merilis arloji pintar bertajuk "Amazfit Smartwatch".

Belum jelas apakah lini Amazfit ini akan diadopsi Xiaomi sebagai smartwatch pertamanya atau tidak. Bisa saja Xiaomi mengembangkan jam tangan pintar pertamanya dengan basis Amazfit, dan mengusung fitur serupa.

Yang jelas, Huami merupakan sub brand Xiaomi yang selama ini digandeng untuk membuat lini gelang pintar, Mi Band. Selain itu, Amazfit Smartwatch juga tak lain adalah arloji pintar pertama Huami.

Terlepas dari simpang siur di atas, Amazfit Smartwatch dibekali fitur-fitur yang berdaya saing tinggi di industri arloji pintar. Perangkat itu digadang-gadang sebagai smartwatch pertama di dunia yang menggunakan sensor GPS 28 nm.

Fisiknya dilengkapi fitur ketahanan air dan debu bersertifikasi IP67. Bezel keramiknya juga diklaim tahan terhadap goresan ketika digunakan untuk aktivitas outdoor, sebagaimana dilaporkan TechAndroids dan dihimpun KompasTekno, Rabu (31/8/2016).

Arloji pintar teranyar ini mengusung layar bulat 1,34 inci dengan resolusi 300 piksel. Prosesornya berkecepatan 1,2 GHz dengan RAM sebesar 512 MB.

Hampir semua ponsel Android bisa tersinkronisasi dengan produk teranyar Huami, asalkan terdapat aplikasi MiFit dari Xiaomi. Untuk menjalankan beberapa fungsi itu, Amazfit disokong baterai berkapasitas 200 mAh.

Saat GPS diaktifkan, Amazfit dikatakan bisa bertahan hingga 30 jam. Jika GPS tak diaktifkan, smartwatch itu mampu menyala hingga 11 hari.

Beberapa fitur lainnya mencakup pembayaran mobile Alipay, perekaman aktivitas kebugaran, jalan, lari, dan sensor detak jantung.

Perangkat ini baru tersedia di China dalam dua warna, hitam dan merah. Harganya dipatok 120 dollar AS atau Rp 1,5 jutaan. Belum jelas kapan pasar Indonesia bisa menjajalnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.