Kompas.com - 20/09/2016, 07:03 WIB
Fujifilm GFX 50S, kamera medium format digital pertama Fujifilm dirilis di ajang Photokina 2016 di Cologne, Jerman, Senin (19/9/2016). Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comFujifilm GFX 50S, kamera medium format digital pertama Fujifilm dirilis di ajang Photokina 2016 di Cologne, Jerman, Senin (19/9/2016).
|
EditorReska K. Nistanto

COLOGNE, KOMPAS.com - Fujifilm baru saja merilis kamera mirrorless dengan sensor medium format pertamanya, yaitu seri GFX 50S di ajang Photokina 2016 di Cologne, Jerman. Berapa banderol harga kamera tersebut?

General Manager Sales & Marketing Fujifilm Toshihisa Iida mengatakan saat ini perusahaan belum bisa memastikan harga kamera GFX 50S. Namun ia berjanji harganya tidak akan terlalu mahal jika dibanding dengan kamera sejenis.

“Sekarang kami belum bisa memberitahukan harga banderol GFX 50S karena belum fix. Tapi targetnya saat dijual nanti bisa di bawah 10.000 dollar (sekitar Rp 130 juta),” ujar Iida di sela acara pra Photokina 2016, Senin (19/9/2016).

“Harga tersebut sudah termasuk bundel kamera dan bodi. Selain itu dalam paket pembelian pun sudah ada viewfinder eksternal,” imbuhnya.

Seperti dilaporkan wartawan KompasTekno, Yoga Hastyadi Widiartanto yang meliput langsung dari acara peluncuran, kamera GFX 50S merupakan mirrorless dengan sensor ukuran medium format pertama dari Fujifilm.

Sensor yang dimaksud memiliki resolusi 51,4 megapiksel, berukuran 43,8 x 32,9 milimeter dan dijanjikan mampu menghasilkan foto lebih detil.

Sebagai pelengkap Fujifilm GFX 50S, perusahaan asal Jepang ini sudah merencanakan enam unit lensa seri G yang dirancang khusus untuk kamera berformat besar. Ada juga aksesoris yang diyakini bakal memudahkan berbagai situasi pemotretan, seperti viewfinder, tilt adapter, hingga HDMI monitor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: GFX 50S, Kamera Mirrorless Sensor Besar Pertama Fujifilm

Selain Fujifilm, perusahaan yang pernah merilis mirrorless dengan sensor medium format adalah Hasselblad. Produk dimaksud dikenal dengan seri X1D, memiliki sensor 50 megapiksel berukuran 44 x 33 milimeter, dan dibanderol seharga 9.000 dollar AS atau sekitar Rp 118 juta.

Istilah medium format mengacu pada ukuran sensor kamera lebih besar dibandingkan ukuran sensor kamera full frame. Atau bisa juga dikatakan, ukuran sensornya medium format beberapa kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan sensor ukuran APS-C.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.