XL, Tri, dan Smartfren Perkuat Sinyal di Lokasi Doa Bersama

Kompas.com - 02/12/2016, 10:43 WIB
Peserta doa bersama di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016) kahfiPeserta doa bersama di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016)
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga operator telekomunikasi XL, Hutchison Tri Indonesia (Tri), dan Smartfren juga memperkuat jaringannya di kawasan pelaksanaan doa bersama, Jumat (2/12/2016).

Penguatan tersebut antara lain berupa optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan di kawasan seputaran Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

General Manager Corporate Communication XL, Tri Wahyuningsih mengatakan saat ini pihaknya telah mengantisipasi lonjakan traffic komunikasi dengan melakukan penambahan kapasitas jaringan dan menyiagakan tim operasional khusus.

“Kami mengantisipasi peningkatan traffic dengan penambahan kapasitas jaringan di beberapa lokasi yang terindikasikan akan menjadi pusat keramaian. Selain itu kami juga menyiagakan tim operasional untuk area tersebut,” terang wanita yang biasa disapa Ayu ini, saat dihubungi KompasTekno.

“Lokasinya antara lain di kawasan Monumen Nasional dan lokasi-lokasi yang terindikasi akan padat, seperti sepanjang jalur Sudirman, Thamrin, Medan Merdeka. Begitu juga dengan jalur lain yang kemungkinan akan dilewati,” imbuhnya.

Sementara itu, operator seluler Tri juga menyiapkan antisipasi serupa, yakni menjaga agar base transceiver station (BTS) di sekitar kawasan Monumen Nasional dan sekitarnya tetap menyala. Perusahaan juga melakukan peningkatan kapasitas jaringan.

“Kami naikkan kapasitasnya antara dua sampai tiga kali lipat. Ini sebagai persiapan untuk menghadapi kemungkinan meningkatnya traffic di sekitar area aksi damai,” ujar DGM Corporate Communication Tri, Arum K. Prasodjo.

Sedangkan Smartfren mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi berkumpulnya massa di kawasan Monumen Nasional dan sekitarnya. Namun perusahaan menyiapkan tim khusus untuk memantau lonjakan traffic dan bersiap menanganinya.

“Dari sisi jaringan tidak ada persiapan khusus, namun Smartfren memonitor secara intensif dan menyiapkan tim yang siap bergerak untuk memperbaiki ataupun menangani saat terjadi lonjakan traffic," terang VP Technology Relations Smartfren, Munir Syahda Prabowo.

"Harapannya, kalau terjadi lonjakan tidak akan sampai mengganggu layanan seluler dan 4G kami,” imbuh Munir.

Baca: Doa Bersama 2 Desember, Telkomsel Perkuat Sinyal di Kawasan Monas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.