Jokowi Shalat Jumat di Monas, Foto Ini Ramai Dibagikan di Twitter

Kompas.com - 02/12/2016, 14:01 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla berjalan dari Istana menuju Monas untuk shalat Jumat bersama pesertaksi damai, Jumat (2/12/2016). IhsanuddinPresiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla berjalan dari Istana menuju Monas untuk shalat Jumat bersama pesertaksi damai, Jumat (2/12/2016).
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com — Tanpa diagendakan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo ikut menunaikan shalat Jumat di kawasan Monas. Presiden yang akrab disapa Jokowi itu memilih shalat di Monas karena ingin berdampingan dengan peserta doa bersama "212".

Hujan deras yang mengguyur Jakarta, Jumat (2/12/2016) siang ini, tak menghalangi Jokowi untuk menunaikan shalat Jumat berjemaah. Bersama beberapa jejeran menteri Kabinet Kerja, Jokowi itu memilih berjalan kaki ketimbang naik mobil.

"Kejutan" dari Jokowi ini disambut netizen Tanah Air dengan berbagai reaksi, salah satunya dengan mengunggah sejumlah foto sosok ke-7 dalam jajaran presiden RI itu saat berjalan ke Monas.

Salah satu foto Jokowi berjalan kaki di tengah hujan sambil melindungi diri dengan payung terpantau paling banyak dibagikan di Twitter. Tak ada ajudan atau Paspampres yang memegangkan payung,  Presiden lebih nyaman memegang payung sendiri.

Menurut pantauan KompasTekno, linimasa Twitter dipenuhi kicauan dengan menyertakan foto Jokowi berpayung menuju Monas tersebut. Mayoritas netizen melontarkan rasa kagum.


Jokowi terlihat tak canggung harus berjalan kaki sejauh 900 meter di bawah rintik hujan. Payung melindungi kemeja putih dan celana hitam panjangnya agar tak basah. Peci hitam pun tak lupa dikenakan sebagai atribusi shalat.

Akun Twitter Wapres Jusuf Kalla pun turut membagi foto tersebut ke linimasa. Tak ketinggalan, budayawan Gunawan Muhammad pun turut mengeluarkan kicaun kekaguman kepada Jokowi, sambil menyertakan foto yang viral tersebut.


Jokowi dan rombongan meninggalkan Istana Merdeka menuju Monas pada pukul 11.40 WIB. Tiba di Monas sekitar pukul 12.00 WIB, massa doa bersama menyambut antusias kehadiran Jokowi. Memang tak semua peserta bisa melihat sosok Jokowi yang langsung masuk ke tenda.

Namun, seseorang memberitahukan kehadiran Jokowi melalui pengeras suara. Massa pun langsung menyerukan "Allahu Akbar" beberapa kali.

Usai shalat Jumat, Jokowi menyempatkan diri menyapa para peserta doa bersama. Ia menyampaikan rasa terima kasih karena aksi massa berlangsung tertib.

"Saya ingin memberikan penghargaan pada jemaah yang hadir, tertib dalam ketertiban. Allahu Akbar! Sekali lagi terima kasih," kata Jokowi, sebagaimana disiarkan langsung lewat KompasTV.

Rombongan yang ikut Jokowi shalat Jumat di Monas siang ini adalah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, serta Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Tampak pula Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Budi Gunawan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Iriawan, dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Baca juga: Payung Biru Jokowi Malah Jadi Perbincangan Netizen



Sumber twitter
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X