Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2016, 12:46 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pada September 2016 lalu, Spotify dikabarkan tertarik untuk meminang layanan musik digital, SoundCloud. Namun kini, merger antara keduanya dikabarkan batal terjadi.

Pasalnya, dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (9/12/2016), Spotify mengundurkan diri dari proses negosiasi. Spotify beralasan takut proses akuisisi SoundCloud itu bisa membawa efek negatif pada persiapan initial public offering (IPO) perusahaan.

Spotify memang belum mengumumkan akan melakukan IPO (melantai di bursa saham) pada 2017, tetapi spekulasi itu telah beredar. Termasuk putaran pendanaan dengan insentif yang dikait-kaitkan dengan listing saham.

Sumber dalam Spotify yang tidak mau disebut namanya mengatakan bahwa Spotify mundur karena "Spotify tidak ingin dipusingkan dengan urusan lisensi di tahun Spotify berpotensi melakukan IPO".

Akuisisi memang melibatkan hitung-hitungan yang rumit. Spotify tentu tidak ingin menghabiskan energinya saat melakukan IPO.

Baik Spotify maupun Soundcloud belum bersedia memberikan pernyataan terkait kabar batalnya merger antara kedua perusahaan itu.

Sebelumnya, Spotify memang berminat membeli platform musik digital SoundCloud. Pembelian ini disinyalir sebagai langkah perusahaan memperkuat diri seiring persaingan dengan Apple.

Pembicaraan antara Spotify dan SoundCloud mengemuka seiring dengan ekspansi Apple dan Amazon ke dalam industri musik. Keduanya baru saja meluncurkan platform streaming musik masing-masing. Efeknya memaksa para pemain independen untuk berkonsolidasi supaya bisa tetap bertahan.

SoundCloud sendiri baru saja mendapatkan pendanaan 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1.2 triliun pada Juni lalu. Valuasi terakhir mereka ada di kisaran nilai 700 juta dollar AS atau setara Rp 9 triliun.

SoundCloud merupakan platform komunitas pecinta musik yang beranggotakan 200 juta orang dan menyimpan sekitar 135 juta judul lagu. Sayangnya, meski punya pengguna sebesar itu, SoundCloud sama sekali belum menghasilkan untung.

Spotify sendiri sudah pernah mengajukan negosiasi untuk membeli SoundCloud, tepatnya pertengahan awal tahun 2015. Namun negosiasi itu berujung buntu karena keduanya tak menemukan harga yang disepakati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.