Ahok Terpopuler di Google Indonesia Sepanjang 2016

Kompas.com - 14/12/2016, 20:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat berbincang dengan Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/11/2016). Bareskrim Polri menetapkan Ahok sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama, Rabu 16 November 2016. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat berbincang dengan Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/11/2016). Bareskrim Polri menetapkan Ahok sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama, Rabu 16 November 2016.
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok digadang-gadang sebagai media darling karena kerap menjadi headline di berbagai media massa. Masyarakat pun gencar mencari berita-berita terbaru soal Gubernur DKI Jakarta nonaktif tersebut lewat Google.

Tak heran jika Google Indonesia menobatkan Ahok sebagai tokoh yang paling banyak ditelusuri netizen Indonesia sepanjang 2016. Popularitasnya bahkan mengalahkan Presiden RI Joko Widodo yang juga merupakan media darling.

Selain Ahok, netizen Tanah Air juga ternyata punya rasa penasaran yang tinggi terhadap Buni Yani. Oknum tersebut yang membuat transkrip pidato Ahok soal surat Al-Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu.

Atas tindakannya, Buni Yani menjadi tersangka dalam kasus dugaan penyebaran informasi bermotif SARA sesuai dengan Pasal 28 Ayat (2) UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Adapun pidato Ahok tersebut berkaitan dengan kampanye untuk maju kembali di pemilihan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Bagi sebagian orang, pernyataan Ahok dianggap sebagai bentuk penistaan agama.

Alhasil, beberapa organisasi massa mengadakan demo pada 4 November  (411) yang menuntut Ahok diadili. Peristiwa itu juga masuk dalam jejeran topik yang paling banyak ditelusuri via Google. (Baca: 10 Hal yang Banyak Di-googling Orang Indonesia pada 2016 )

Pesaing Ahok dalam pilkada 2017, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, juga banyak mengundang rasa penasaran netizen. Namanya masuk pula di jejeran tokoh terpopuler versi Google.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk selengkapnya, berikut urutan 10 tokoh yang namanya paling banyak dicari di Google Indonesia, sebagaimana dibeberkan pada Rabu (14/12/2016) di The Gunawarman, Jakarta. Urutan dibuat dari yang paling banyak dicari hingga yang lebih sedikit.

1. Ahok (Gubernur DKI Jakarta)
2. Sri Mulyani (Menteri Keuangan)
3. Buni Yani (pembuat transkrip pidato Ahok di Kepulauan Seribu)
4. Wayan Mirna Salihin (korban kopi bersianida)
5. Nusron Wahid (Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia petahana)
6. Agus Harimurti Yudhoyono (kandidat Gubernur DKI Jakarta 2017-2022)
7. Tito Karnavian (Kapolri)
8. Fahri Hamzah (Wakil Ketua DPR)
9. Irman Gusman (Mantan Ketua DPD)
10. Arcandra Tahar (Mantan Menteri ESDM)

Google juga membeberkan 10 selebriti yang informasinya paling banyak dicari netizen di kolom penelusuran, berikut nama-namanya urut dari yang terbanyak hingga sedikit.

1. Saipul Jamil
2. Song Joong-Ki
3. Awkarin
4. Alan Walker
5. Istri Aming
6. Isyana Sarasvati
7. Putri Titian
8. Gal Gadot
9. Rizky Febian
10. Dawin

Baca: Menyelisik Alasan Google Ubah Foke Jadi Ahok di Sungai Bersih Jakarta



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X