Game "Super Mario Run" Ungguli Rekor "Pokemon Go"

Kompas.com - 19/12/2016, 12:41 WIB
Super Mario Run BGRSuper Mario Run
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Perusahan analitik Apptopia mengatakan game Super Mario Run telah diunduh sebanyak 2,85 juta kali dalam satu hari (24 jam) setelah diluncurkan di platform iOS. Angka tersebut langsung mengungguli rekor unduhan yang pernah dicapai oleh Pokemon Go.

Para pengunduh game ini hanya berasa dari pengguna gadget buatan Apple (iPhone dan iPad), karena game ini memang baru tersedian di App Store saja.

Sedangkan Pokemon Go, pada saat perilisan perdananaya hanya berhasil mencapai 900.000 kali unduhan. Jumlah yang jauh lebih kecil dibandingkan capaian hari pertama Super Mario Run.

Namun, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (19/12/2016), sebenarnya capaian Super Mario Run wajar saja bisa mencapai sebesar itu. Pasalnya, pada hari pertamanya, game ini serentak tersedia di 150 negara.

Namun jika kedua game di atas dibandingkan dari sisi capaian semasa satu pekan pertama peluncuran, Pokemon Go masih unggul. Total unduhan Pokemon Go di Android dan iOS selama satu pekan mencapai 7,5 juta kali.

Bila ingin mengalahkan rekor Pokemon Go, setidaknya total unduhan Super Mario Run selama sepekan mesti lebih dari 7,5 juta kali. Bukan hal yang tidak mungkin, mengingat hingga berita ini ditayangkan, baru berselang empat hari sejak peluncuran perdana game Super Mario Run tersebut.

Perusahaan analitik lainnya, yakni Sensor Tower, memprediksi bahwa Super Mario Run bakal diunduh lebih dari 50 juta kali di seluruh dunia dalam waktu satu bulan sejak peluncuran perdana. Keuntungan yang dihasilkan ditaksir mencapai 71 juta dollar AS atau sekitar Rp 950,9 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Nintendo Rilis Super Mario Run di iOS, Kapan Android Kebagian?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.