Prosesor Baru Intel Core i7 "Dioprek", Tembus Kecepatan 7 GHz

Kompas.com - 28/12/2016, 19:06 WIB
Intel Core i Series. istIntel Core i Series.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Seberapa jauh kecepatan prosesor Intel Core i7-7700K bisa didongkrak? Seorang overclocker bernama Allen Golibersuch alias Splave berhasil memaksa chip dari keluarga prosesor Core i generasi ke-7 (Kaby Lake) itu berjalan di clockspeed setinggi 7 GHz.

Golibersuch menerapkan teknik overclocking alias menjalankan prosesor di atas kecepatan standarnya. Supaya chip tetap stabil dan tidak kepanasan, dia memakai pendingin khusus berupa nitrogen cair.

Dua dari empat inti CPU di Core i7-7700K turut dimatikan, begitu juga dengan sejumlah fitur bawaan seperti Hyperthreading. Sementara, multiplier dan voltase prosesor masing-masing dinaikkan ke angka 69x (bus speed 101,78 MHz) dan 2,00 volt.

Hasilnya, Core i7-7700K berhasil dipaksa berjalan di kecepatan 7.022,96 MHz dengan relatif stabil dan berhasil menyelesaikan PiFast dalam 9,02 detik dan SuperPi 32M dalam empat menit 20 detik.

Baca: Wakili Indonesia, Alva Jonathan Juarai Kompetisi Overclock Dunia

Allen Golibersuch Screenshot CPU-Z memperlihatkan prosesor Core i7-7700K Allen Golibersuch berjalan di kecepatan 7 GHz.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Rabu (28/12/2016) menyebutkan bahwa Golibersuch menggunakan motherboard AsRock Z170 OC Formula.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat dipasangkan dengan kartu grafis Asus GTX 1080 STRIX OC, prosesor “7 GHz” hasil oprekannya itu mampu menghasilkan skor sebesar 643.316 poin di uji Aquamark dan 86.798 poin di uji 3D mark 05.

Intel diketahui telah menyebarkan unit sample Core i7-7700K ke para reviewer dan enthusiast hardware menjelang peluncuran resminya di CES 2017, Januari mendatang. Golibersuch adalah salah satu penerima unit prosesor jenis baru tersebut.

Baca: Intel Resmikan Prosesor Core i Generasi ke-7 “Kaby Lake”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechSpot
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.