Kompas.com - 17/01/2017, 08:14 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Di era teknologi, kesalahan semakin mudah diperbaiki. Misalnya saja ketika salah menulis caption di Instagram atau Facebook.

Dua media sosial itu memungkinkan pengguna mengedit caption yang keliru atau salah ketik. Di Facebook, caption yang telah diedit bakal dibubuhi label tertentu. Agaknya beberapa orang merasa malu dengan label itu, barangkali karena enggan dianggap pernah berbuat salah.

Karenanya, Facebook kini menyembunyikan jejak pengeditan tersebut. Pengguna tak perlu lagi ragu atau takut memperbaiki kesalahan.

Dari gambar di atas, sisi kiri adalah postingan sebelum diedit dan sisi kanan pasca diedit. Bedanya hanya terletak pada pembubuhan caption pada tautan, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Selasa (17/1/2017).

Baca: Bagaimana Cara Upload Video di Facebook Bisa Dapat Uang?

Bisa dilihat tak ada label yang disematkan pada postingan di sebelah kanan. Padahal, sejatinya postingan itu sudah pernah diedit.

Sebelumnya, Facebook menyematkan tanda "Edited" di samping postingan untuk menandai bahwa postingan itu telah diubah pembuatnya. Kini, keterangan tersebut tersembunyi di ikon panah di sisi kanan atas postingan.

Untuk mengetahui apakah postingan tertentu pernah diedit atau tidak, Anda bisa mengeceknya dengan menekan tanda panah ke bawah di samping postingan tersebut.

Setidaknya, Facebook memberikan cara yang lebih halus untuk menutupi salah posting atau salah ketik (typo). Rekam jejak pengeditan tetap bisa ditemukan, tapi postingan tak serta-merta diberi label.

Beberapa orang menanggapi hal ini secara positif. Tapi ada pula yang menganggap langkah ini mengikis transparansi. Kalau menurut Anda?

Baca: Cek Apakah Akun Facebook Sedang Diintip Orang Lain atau Tidak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.