Kompas.com - 18/01/2017, 19:33 WIB
Apakah password masih relevan? BBCApakah password masih relevan?
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sebuah penelitian dari Kaspersky Lab memperlihatkan sebuah hasil yang cukup mencengangkan. Ternyata, pengguna internet di seluruh dunia masih belum memahami bagaimana menggunakan password secara efektif guna melindungi diri sendiri pada saat online.

Peneliti juga menemukan bahwa pengguna internet banyak yang membuat password yang buruk dan "sederhana" sehingga menimbulkan konsekuensi lebih buruk.

Melalui penelitian ini, Kaspersky Lab menemukan tiga kesalahan umum dari password yang menyebabkan keamanan sejumlah besar pengguna internet berisiko:

1. Menggunakan password yang sama untuk beberapa akun. Ini berarti jika password tersebut bocor, maka akun lainnya dapat diretas.

2. Menggunakan password yang lemah sehingga mudah untuk diretas.

3. Menyimpan password secara tidak aman, sehingga menyia-nyiakan pentingnya memiliki password, bahkan yang kuat sekalipun.

"Mengingat begitu banyaknya informasi pribadi dan sensitif yang kita simpan secara online saat ini, maka pengguna harus mengambil langkah keamanan yang lebih baik lagi, berupa proteksi password yang efektif, untuk melindungi diri mereka," tutur Andrei Mochola, Head of Consumer Business di Kaspersky Lab, sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers yang diterima, Rabu (18/1/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini sebenarnya cukup jelas, tetapi sayangnya banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa mereka selalu jatuh ke dalam perangkap pembuatan manajemen password ‘sederhana’ yang salah. Kesalahan-kesalahan ini, pada gilirannya, seperti meninggalkan pintu depan menuju e-mail, rekening bank, file pribadi dan lainnya terbuka lebar bagi penjahat siber," imbuhnya.

Baca: 25 Password yang Paling Mudah Ditebak

Hasil penelitian lain

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.