Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Janjikan 16 Aksesori Bongkar Pasang untuk Moto Z

Kompas.com - 25/01/2017, 17:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai smartphone modular, Moto Z menarik perhatian dengan beragam Mods. Ini merupakan peranti tambahan yang menyajikan beragam fungsi, seperti baterai tambahan, speaker, proyektor, hingga kamera.

Namun jumlah Mods yang ada saat ini masih terbatas. Saat ini, Lenovo baru merilis empat buah Mods, yakni speaker JBL Soundboost, kamera Hasselblad True Zoom, proyektor Insta-share, dan baterai tambahan.

Untuk itu, Lenovo selaku pemilik brand Moto bakal lebih banyak membuat Mods di masa depan. Bahkan, Lenovo berani mengatakan bakal merilis empat Mods dalam setiap kuartalnya.

Itu berarti, dalam kurun satu tahun ke depan, bakal ada sekitar 16 Mods yang bakal dirilis oleh Lenovo.

"Kami punya rencana merilis empat Mods dalam setiap kuartalnya, ini bisa dilakukan dengan beberapa skema," kata Aymar de Lencquesaing, Chairman & President Motorola Mobility di sela peluncuran Moto Z di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Baca: Lenovo Resmi Luncurkan Smartphone Modular Moto Z di Indonesia

Skema yang dimaksud adalah Mods tersebut bisa diproduksi oleh Lenovo sendiri, atau bekerja sama dengan pihak ketiga. "Ada yang dibikin sendiri, ada yang dibuat dengan kerja sama pihak lain, ada yang diserahkan sepenuhnya ke pihak ketiga," lanjut Aymar.

Selain itu, Lenovo juga membuka software development kit (SDK) kepada developer yang tertarik untuk membuat Mods bagi Moto Z.

Mods ini juga membawa kelebihan dan menjadi model bisnis sendiri bagi Lenovo dan pihak-pihak lain yang terlibat. Bagi konsumen, mereka bisa mendapat kemungkinan tanpa batas dengan banyaknya Mods yang bisa dipilih.

"Sementara bagi peritel, Mods bisa menjadi touchpoint baru dengan konsumennya, sehingga bagus untuk menjaga engagement," kata Aymar.

Baca: Ini Dia, Harga Android Moto Z dan Moto Z Play di Indonesia

Sementara menurut Adrie S Suhardi, Country Lead Mobile Business Group Lenovo Indonesia, Lenovo juga telah menggelar hackathon di India bagi developer yang ingin mengembangkan Mods. Hackathon itu bisa juga dibawa ke negara-negara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com