Andalkan

Kapal Ini Karam gara-gara Berlayar Andalkan iPad

Kompas.com - 03/03/2017, 14:12 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Hanya karena mampu melakukan beragam hal dengan aplikasi, bukan perarti perangkat mobile pintar macam tablet cocok digunakan untuk semua situasi.

Seorang kapten kapal bernama David Carlin di Inggris mendapat pelajaran berharga tentang hal tersebut. Carlin mencoba berlayar dengan hanya mengandalkan tablet iPad sebagai alat navigasi, Mei 2016.

Kapal yang dibawanya, Peggoty, adalah kapal berbahan kayu dari zaman Perang Dunia II yang tak dilengkapi alat navigasi. Bahkan sekadar kompas sekalipun tidak ada. Carlin beniat menjual Peggoty dan ingin menjajalnya sebelum dilego. Ia pun memutuskan memakai aplikasi kompas di iPad untuk alat navigasi.

iPad yang dipakai untuk navigasi adalah milik seorang penumpang kapal yang juga seorang mantan kapten kapal penyelamat. Sementara, Carlin sendiri adalah kapten anggota Associated British Ports.

Apesnya, ketika melintas di jalur Huber Estuary, pantai timur Inggris, iPad yang ia pakai kehilangan sinyal WiFi, sehingga tidak bisa berfungsi. Kapal pun tersesat di tengah laut yang ketika itu diselimuti kabut.

Ujungnya, Peggoty menabrak kapal feri kargo bernama Petunia Seaway. Peggoty mulai tenggelam karena kerusakan yang timbul sehingga Kapten Carlin dan penumpang terpaksa menyelamatkan diri dengan naik sekoci.

Carlin pun diskors dari pekerjaannya meski sebenarnya saat kejadian sedang tak bertugas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Daily Mail, Kamis (2/3/2017).

Akan halnya Petunia Seaway, kapal tersebut tak mengalami kerusakan karena ukurannya jauh lebih besar, mencapai 1.400 kali Peggoty yang panjangnya cuma 15 meter.

Saking tak merasa tabrakan, kapten kapal Petunia Seaway melanjutkan perjalanan ke tujuan di Gothenburg, Swedia, selagi Peggoty tenggelam.

Baca: Alat Musik Gamelan Bisa Dimainkan dari iPad

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.