Internet "Lemot" dan Telepon Putus-putus Salah Operator, Benarkah?

Kompas.com - 16/03/2017, 18:13 WIB
Pengguna Kereta Rel Listrik mengoperasikan telepon genggam mereka saat menunggu datangnya kereta di peron Stasiun Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. KOMPAS / WISNU WIDIANTOROPengguna Kereta Rel Listrik mengoperasikan telepon genggam mereka saat menunggu datangnya kereta di peron Stasiun Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa yang ada di benak Anda ketika merasakan internet yang lambat dari operator seluler? Apa yang muncul di pikiran ketika terus mengalami drop call (panggilan suara terputus)?

Sebagian besar dari Anda, mungkin bakal berpikir bahwa hal tersebut timbul dari kurang bagusnya jaringan dari operator seluler tertentu.

Dugaan tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah. Terkadang, masalah memang muncul dari kualitas jaringan yang sedang menurun.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Country Director Qualcomm Indonesia Shannedy Ong.
Akan tetapi, menurut Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia, terkadang masalah di atas juga datang dari modem yang tertanam di tiap smartphone.

Modem yang digunakan suatu smartphone bisa saja kurang berkualitas, sehingga kecepatan internet tidak bisa dirasakan maksimal.

"Selama ini persepsinya (masalah kecepatan dan drop call) itu dari jaringannya. Padahal, modem di dalam smartphone berperan penting untuk konektivitas ke BTS," kata Shannedy di sela-sela peluncuran paket bundling Telkomsel dengan Asus Zenfone 3 di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Baca: 3 Asus Zenfone Di-bundling Internet 14 GB Telkomsel, Harganya?

"Kalau dikombinasikan dari jaringan dan modem yang bagus bisa memberikan user experience yang tinggi (kecepatan internet yang seharusnya dan tanpa drop call)," imbuhnya.

Dua tipe modem

Qualcomm sendiri merupakan salah satu pemasok besar untuk modem smartphone. Menurut Shannedy, ada dua tipe penggunaan modem Qualcomm. Pertama, modem dimasukkan ke System On Chip (SoC/chipset) Snapdragon.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.